15 Jajanan Khas Bangka Belitung yang Wajib Dicoba

Jajanan khas Bangka Belitung harus Anda coba jika Anda berkunjung ke Belitung. Sama halnya dengan daerah lain di Indonesia, Bangka Belitung juga memiliki jajanan atau makanan khas yang memiliki cita rasa unik dan pastinya enak. Oleh karena itu, mencoba jajanan khas Bangka Belitung adalah kewajiban saat Anda berlibur di pulau yang terkenal dengan keindahan pantainya.

Kepulauan Bangka Belitung berada di timur Sumatera, menawarkan hidangan-hidangan yang unik dan menggugah selera. Apabila Anda berencana untuk berlibur ke Belitung dan ingin mencicipi jajan khas Bangka Belitung. Maka Anda bisa mencoba beberapa jajan kha Belitung yang akan kami jelaskan ini. Pastikan Anda terus membaca tulisan ini!

Inilah Jajanan Khas Bangka Belitung

Kepulauan Bangka Belitung terkenal dengan keindahan destinasi wisata seperti pulau-pulau eksotis dan danau bekas galian tambang. Hal ini menjadi salah satu faktor menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin mengunjungi daerah yang terkenal dengan Laskar Pelangi.

Ngomongin tentang kuliner khas Kepulauan Bangka Belitung, bukan hanya soal mie saja, tapi juga menghadirkan berbagai jajanan yang patut dicicipi saat berlibur ke sini. Berikut adalah jajanan khas Bangka Belitung yang wajib Anda nikmati saat berlibur ke Belitung:

1. Martabak Bangka

Pastinya Anda sudah tidak asing dengan jajanan khas Bangka Belitung ini. Penganan lezat ini memang bisa ditemui di berbagai tempat, tetapi mencicipinya langsung dari daerah asalnya akan memberikan pengalaman yang lebih Istimewa.

Oleh karena itu, saat berkunjung ke Kepulauan Bangka Belitung, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati martabak Bangka yang memiliki tekstur empuk dan berserat khas. Rasa manisnya, dipadu dengan berbagai topping melimpah, pasti akan membuat Anda ketagihan.

2. Bong li piang

Selama liburan di Belitung, jangan lewatkan untuk mencicipi Bong li piang, jajanan khas yang memukau dengan perpaduan budaya Tionghoa dan Nusantara. Makanan lezat ini terbuat dari campuran tepung terigu, santan, gula aren, dan disajikan dengan selai nanas sebagai topping.

Bong li piang menggoda dengan rasa manis dan sedikit gurih yang menyatu sempurna, terutama saat dinikmati bersama secangkir teh hangat atau kopi. Pastikan untuk mencoba pengalaman kuliner yang menggugah selera ini – dan yang lebih penting, Bong li piang ini sepenuhnya halal!

3. Kemplang

Jangan lewatkan untuk mencicipi kemplang, jajanan unik yang terbuat dari adonan tepung tapioka yang dicampur dengan daging ikan tenggiri, udang, atau cumi-cumi. Setelah dibentuk bulat pipih, kemplang ini digoreng hingga teksturnya menjadi renyah. Rasanya gurih dan khas, sangat cocok dinikmati dengan sambal terasi khas Bangka yang memberikan sentuhan pedas manis.

Menikmati sensasi lezatnya kemplang ketika berkunjung ke Bangka Belitung akan menjadi sebuah pengalaman kuliner yang wajib dicoba. Jangan lupa, Anda juga bisa membawa pulang jajanan khas Belitung ini sebagai oleh-oleh yang istimewa.

4. Lempok Cempedak

Lempok adalah kuliner khas Bangka yang selalu menjadi favorit wisatawan, merupakan dodol yang terbuat dari buah cempedak. Kelezatan lempok ini terasa dari tekstur yang kenyal, rasa yang sangat manis, dan cita rasa yang lezat.

Jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan lempok cempedak ini yang bisa Anda temukan di pusat oleh-oleh, dengan kisaran harga sekitar Rp 50-150 ribu per kotak. Tidak ada alasan untuk tidak mencicipi lempok. Anda bisa menjadikan lempok cempedak ini sebagai oleh-oleh istimewa untuk teman, keluarga, atau orang yang kamu sayangi.

5. Getas

Getas di sini tidaklah seperti camilan manis yang terbuat dari tepung ketan dan ditaburi dengan gula. Getas khas Bangka ini merupakan sejenis kerupuk yang terbuat dari campuran adonan sagu dan daging ikan tenggiri. Dengan sensasi rasa asin dan gurih, getas sangat cocok sebagai camilan atau dapat pula dijadikan peneman lauk nasi berkuah.

Jajanan khas Bangka Belitung yang satu ini seolah menjadi simbol dari pengalaman liburan Anda di Belitung. Sangat disarankan untuk mencicipi dan membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman setelah menjelajahi keindahan Belitung.

*Baca Juga: 8 Mall di Bangka Belitung yang Terkenal Mewah

6. Kue Rintak

Kue Rintak yang juga dikenal sebagai Kue Bangkit, merupakan kue kering khas Bangka yang dapat dengan mudah ditemui tidak hanya di pusat oleh-oleh, tetapi juga di pasar dan warung kecil. Kue ini sangat disukai, terutama oleh anak-anak, karena memiliki bentuk dan rasa yang khas.

Makanan lezat ini memiliki bahan dasar utama dari sagu dan santan kelapa. Terkadang, Kue Rintak juga dicampur dengan jahe dan wijen untuk memberikan variasi rasa yang menarik. Anda bisa mencobanya saat berkunjung ke Belitung bahkan bisa menjadikannya oleh-oleh.

7. Kericu

Selain kerupuk getas, terdapat juga camilan lezat bernama kericu. Secara visual, kericu menyerupai telur gabus dengan bahan dasar cumi-cumi, tepung sagu, telur, dan berbagai rempah-rempah. Adonan kericu dibentuk kecil dan memanjang dengan ujung yang meruncing, lalu digoreng hingga matang.

Kelembutan teksturnya yang dipadu dengan rasa asin gurih membuat kericu diminati oleh para pelancong sebagai teman ngemil atau sebagai oleh-oleh. Nama kericu adalah singkatan dari keripik telur cumi-cumi, kericu merupakan pilihan menarik yang patut dicoba.

Dengan menggunakan cumi-cumi segar hasil tangkapan nelayan di wilayah laut Bangka, kelezatan kericu menjadi semakin istimewa. Camilan ini ideal untuk menyertai makan siang atau makan malam, dan juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang spesial untuk diberikan kepada orang-orang terdekat.

8. Mie Koba

Rupanya, di Bangka Belitung terdapat varian mie lain yang menarik perhatian, yakni mie koba. Apakah Anda familiar dengan jenis mie yang satu ini? Keunikan mie koba terutama terletak pada kuahnya, yang diolah menggunakan kaldu ikan tenggiri.

Proses pembuatannya dimulai dengan merebus ikan tenggiri, yang nantinya akan digiling hingga halus. Selanjutnya, ikan tenggiri yang telah dihaluskan akan direbus kembali bersama bumbu rempah-rempah khas Bangka Belitung. Berbagai rempah seperti cengkeh, pala, kayu manis, ketumbar, dan lainnya menjadi bahan utama yang digunakan dalam proses ini.

9. Siput Gonggong

Ketika berkunjung ke Bangka Belitung, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati hidangan lokal yang terkenal, yaitu siput gonggong. Jajanan khas Bangka Belitung ini mudah ditemui karena banyak pedagang yang menjualnya.

Siput gonggong ini berasal dari laut, diolah dengan cara direbus atau digoreng, lalu dinikmati bersama sambal. Untuk menyantapnya, cukup keluarkan isi siput dengan menggunakan tusuk gigi dan nikmatilah dengan mencelupkannya ke dalam kuah sambal yang lezat.

10. Tai Fu Sui

Cobalah minuman khas Bangka-Belitung yang istimewa, yaitu tai fu sui, ketika Anda berkunjung ke Belitung. Meskipun tidak memiliki nama khas Indonesia, minuman ini sudah lama dikenal di sana. Tai fu sui adalah minuman yang terbuat dari kacang kedelai, mirip dengan susu kedelai yang biasa Anda nikmati.

Namun, rasanya menjadi lebih istimewa saat diminum di Belitung selama liburan Anda. Untuk menikmati tai fu sui yang lezat, Anda dapat mengunjungi Alun-alun Pangkalpinang.

*Baca Juga: Daftar Kerajinan Khas Bangka Belitung

11. Dodol Bangka

Tidak hanya di Pulau Jawa, dodol juga merupakan jajanan khas yang dapat ditemukan di Bangka Belitung. Dodol asli dari Bangka ini memiliki cita rasa khas dodol pada umumnya, yaitu lengket, kenyal, dan manis. Yang membedakan dodol Bangka adalah pengemasannya yang unik, tersedia dalam berbagai bentuk seperti persegi panjang, bulat panjang, bulat kecil, hingga oval.

Dodol Bangka Belitung bisa dijadikan sebagai oleh-oleh yang istimewa untuk sahabat, kerabat, maupun sanak saudara. Produk ini dapat Anda temukan di pusat oleh-oleh di Bangka Belitung.

12. Kue Yet Yet

et-yet adalah hidangan lezat yang terbuat dari campuran adonan gula merah, tepung terigu, dan sagu yang memberikan tekstur kenyal. Kue ini umumnya disajikan dalam potongan loyang besar yang kemudian diiris menjadi potongan lebih kecil. Yet-yet memiliki kesamaan dengan jongkong, karena keduanya memiliki rasa gurih dan manis.

Selain itu, yet-yet juga mempunyai cita rasa yang khas dan sering dihiasi dengan topping parutan kelapa serta daun pandan. Jajanan khas Bangka Belitung ini sangat direkomendasikan untuk dicicipi saat Anda berlibur di Belitung.

13. Rujak Daun Ubi Kembang Pepaya

Siapa yang tidak mengenal rujak? Bahkan dapat dikatakan bahwa jajanan ini memiliki cita rasa yang sangat khas, terutama disukai oleh banyak wanita. Salah satu varian rujak yang khas dari Bangka Belitung adalah rujak daun ubi. Rujak ini tidak hanya mengandalkan daun ubi, tetapi juga diberikan sentuhan kembang pepaya.

Oleh karena itu, saat menikmati hidangan ini, kesan unik tercipta karena bahan isian rujak melibatkan daun-daunan, bukan hanya buah. Makanan ini benar-benar sayang untuk dilewatkan. Jika Anda berkunjung ke Bangka Belitung, disarankan untuk mencoba rujak daun ubi ini.

14. Mie Bangka Belitung

Siapa yang tidak mengenal mie, apalagi saat ini mie sudah menjadi makanan yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang. Ternyata, mie juga memiliki peran penting sebagai salah satu makanan khas Bangka Belitung. Salah satu jenis mie yang dapat diidentifikasi sebagai makanan khas daerah tersebut adalah mie Bangka Belitung.

Yang membedakan mie Bangka Belitung dari mie di daerah lain adalah kuahnya yang khas, diracik dengan teliti sesuai dengan cita rasa yang identik dengan Bangka Belitung. Selain itu, mie ini biasanya disajikan dengan berbagai topping, mulai dari daging ayam, daging sapi, hingga makanan laut. Kehadiran berbagai topping ini memberikan sensasi kenikmatan ekstra saat menikmati mie.

15. Sirup Jeruk Kunci

Jeruk kunci merupakan salah satu buah khas Bangka Belitung yang memiliki manfaat kesehatan berkat kandungan vitamin C yang melimpah. Kandungan vitamin C dalam jeruk kunci bahkan diakui lebih tinggi dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya.

Buah jeruk kunci sering dicari karena dianggap bermanfaat sebagai campuran obat batuk, obat pilek, dan obat masuk angin, khususnya untuk anak-anak. Cara penggunaannya adalah dengan merebus jeruk kunci bersama dengan minyak kayu putih, kemudian dioleskan ke punggung dan dada anak.

Selain itu, jeruk kunci juga sering diolah menjadi sirup oleh masyarakat Bangka Belitung sebagai jajanan khas Bangka Belitung. Sirup ini dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk para wisatawan yang mengunjungi Bangka Belitung.

Demikianlah penjelasan terkait jajan khas Bangka Belitung yang wajib Anda cicipi jika berkunjung ke Kepulauan Bangka Belitung. Apabila Anda ingin menikmati wisata Belitung dengan nyaman dan menyenangkan, Anda bisa menggunakan jasa kami.

Sebagai komunitas belitung mania, kami selalu menawarkan paket wisata belitung dengan harga murah. Kami menyediakan perjalanan wisata yang menyenangkan untuk, baik itu rombongan keluarga atau private tour bersama pasangan.

Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp us