15 Makanan Khas Bangka Belitung yang Populer

Makanan khas Bangka Belitung memiliki cita rasa yang unik dan wajib Anda coba saat berkunjung atau liburan ke Belitung. Selain menikmati pesona destinasi wisata, liburan di suatu daerah terasa kurang lengkap tanpa mencoba berbagai hidangan khas setempat. Kombinasi keduanya menciptakan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Terlebih, Indonesia kaya akan beragam kuliner lezat yang dapat memperkaya pengalaman kuliner wisatawan. Salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia, dengan pesona wisata yang memukau dan kekayaan kuliner otentik, adalah Bangka Belitung. Provinsi ini terletak di Pulau Sumatera dan dikenal melalui film pendidikan yang sangat terkenal, Laskar Pelangi.

Daftar Makanan Khas Bangka Belitung

Sebagai sebuah kepulauan, Bangka Belitung menawarkan pemandangan pantai yang sangat indah. Pesona pantai-pantai di wilayah ini dapat memukau setiap pengunjung. Selain itu, tak kalah pula keberagaman kuliner lokalnya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Bangka Belitung menyajikan berbagai makanan khas yang dapat dinikmati. Beberapa di antaranya bahkan sudah mudah ditemui di kota-kota besar Indonesia. Namun saat Anda berlibur ke Bangka Belitung, Anda wajib mencicipi beberapa makanan khas Bangka Belitung Berikut ini:

1. Bakmi Bangka

Selain populer di daerah asalnya, hidangan ini sudah cukup terkenal di beberapa wilayah di Nusantara, terutama di kota-kota besar. Di Bangka, hidangan ini dikenal sebagai mien dan termasuk dalam kategori makanan khek.

Mie Bangka atau Bakmi Bangka biasanya disajikan dengan potongan daging babi maupun daging babi, tahu, pangsit, tauge, bakso ikan, seafood, dan sayur caisim untuk menambah variasi dan kelezatan. Untuk meningkatkan cita rasa, biasanya diberikan saus cabai pedas khas Pulau Bangka.

2. Mie Koba

Salah satu makanan khas Bangka Belitung yang juga menggunakan mie sebagai bahan utamanya adalah mie koba. Mie koba merupakan variasi mie yang disajikan dengan kaldu yang dibuat dari ikan tenggiri.

Proses pembuatannya, ikan tenggiri direbus terlebih dahulu sebelum diolah menjadi pasta halus dengan proses penggilingan. Selanjutnya, pasta ikan tenggiri tersebut ditumis dan direbus kembali bersama dengan berbagai bumbu rempah, seperti kayu manis, gula aren, pala, cengkeh, dan ketumbar.

*Baca Juga: Jajanan Khas Bangka Belitung yang Wajib Dicoba

3. Lempah Kuning

Mengingat Bangka Belitung merupakan daerah kepulauan, sajian khas dari hasil laut menjadi daya tarik utama. Salah satu makanan khas Bangka Belitung yang paling populer adalah lempah kuning. Kuliner ini telah menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke sini. Kelezatan lempah kuning telah mengantarkannya sebagai Warisan Budaya Tak Benda Nasional.

Menariknya, penamaan hidangan ini bervariasi antara Bangka dan Belitung. Warga Bangka sering menyebutnya lempah kuning, sementara di Belitung, hidangan ini dikenal sebagai gangan. Meskipun namanya berbeda, keduanya memiliki bahan dasar yang sama, termasuk ikan, kunyit, lengkuas, terasi, cabai, dan bumbu lainnya.

Jenis ikan yang umumnya digunakan adalah kakap merah atau ikan tenggiri, meskipun beberapa orang setempat juga kadang-kadang menggunakan daging sapi sebagai alternatif.

4. Lakse

Terletak berdekatan dengan Pulau Sumatera, Bangka Belitung memiliki kekayaan budaya Melayu yang tercermin dalam kuliner khasnya, salah satunya adalah lakse. Meskipun lakse dipengaruhi oleh budaya Melayu, uniknya, inspirasi pembuatannya sebenarnya berasal dari spaghetti.

Meskipun begitu, dari segi tampilan, lakse sering dianggap mirip dengan kue putung mayang, yang merupakan kuliner khas masyarakat Betawi. Lakse dibuat dengan mencampurkan tepung sagu dan tepung beras. Panganan ini biasanya disajikan dengan kuah ikan yang dicampur dengan santan kuning, memberikan rasa gurih yang khas.

5. Berego

Banyak yang mengira bahwa berego memiliki kemiripan dengan lontong, tetapi sebenarnya makanan khas Bangka Belitung ini memiliki bahan dasar yang berbeda dengan lontong. Berbeda dengan lontong yang terbuat dari beras, berego merupakan campuran tepung sagu dan tepung beras.

Meskipun memiliki bahan dasar yang berbeda, dari segi tampilan, kedua makanan ini memiliki bentuk yang serupa. Berego kadang-kadang dianggap serupa dengan lakse, tetapi sebenarnya keduanya memiliki perbedaan.

Berego umumnya disajikan dengan hidangan berkuah, seperti kari ikan. Untuk pengalaman rasa yang berbeda, makanan ini dapat dicampur dengan mie belitung atau lempah kuning.

6. Rusip

Sebagaimana lempah kuning, makanan khas lainnya yang menggunakan bahan dari hasil laut adalah rusip. Rusip adalah sambal yang terbuat dari ikan teri yang mengalami proses fermentasi dengan garam, air kerak nasi, dan air gula aren.

Penting untuk diketahui bahwa rusip baru dapat dikonsumsi setelah mengeluarkan aroma khas dari hasil fermentasinya. Setelah mencapai tahap ini, tambahkan bawang merah, irisan cabai, dan perasan jeruk sambal untuk menyempurnakan rasanya.

Dengan demikian, rusip siap dinikmati bersama dengan nasi panas dan lauk. Makanan khas Bangka Belitung ini sering menjadi pilihan oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Bangka Belitung.

7. Pantiaw

Dari segi penampilan, pantiaw memiliki kemiripan dengan mie kwetiau, dengan bentuk gepeng, lebar, warna putih, dan tekstur kenyal. Meskipun serupa, perbedaan mendasar antara keduanya terletak pada bahan dasar pembuatannya. Pantiaw dibuat menggunakan tepung beras atau tepung gandum.

Makanan khas Bangka Belitung ini ini umumnya disajikan dengan bumbu yang terbuat dari ikan giling, lalu disiram dengan kuah hasil rebusan bakwan. Alternatifnya, dapat dinikmati dengan bumbu ikan giling, taburan bawang goreng, dan seledri tanpa menggunakan kuah.

8. Sambelingkung

Selain Rusip, makanan khas Bangka Belitung yang dapat dijadikan oleh-oleh adalah sambelingkung. Makanan ini memiliki tekstur mirip abon, tetapi terbuat dari berbagai jenis ikan, seperti ikan hiu kecil, ikan parang, ikan tenggiri, dan ikan mayong.

Semua ikan tersebut direbus dan dihaluskan, lalu ditumis dengan berbagai rempah-rempah. Sambelingkung sangat cocok dinikmati dengan nasi panas atau sebagai isian roti. Tidak hanya sebagai oleh-oleh, kuliner ini juga sering dihidangkan pada momen-momen khusus seperti hari raya Idul Fitri, Idul Adha, dan acara-acara tertentu.

9. Martabak Bangka

Beberapa dari Anda mungkin sudah sangat familiar dengan kuliner yang satu ini. Ya, martabak Bangka memang umum ditemui di hampir semua kota di Indonesia. Makanan khas Bangka Belitung ini sangat terkenal dan memiliki cita rasa yang sangat enak.

Di Pulau Bangka, martabak Bangka dikenal dengan sebutan Hok Lo Pan, yang artinya Kue Orang Hok Lo. Kuliner ini pertama kali dikembangkan oleh komunitas Hakka (Khek) di Bangka. Pastinya ada perbedaan antara martabak dari daerah lain dengan martabak Bangka.

Martabak Bangka terkenal dengan adonan yang tebal, lebih keras, gurih, dan memiliki warna coklat tua. Selain itu, martabak Bangka juga memiliki tekstur luar yang lebih berpori dan berserat.

10. Asem Pedas

Asem pedas adalah hidangan khas Bangka yang menggunakan ikan atau tulang rusuk sapi sebagai bahan utamanya. Keunikan dari hidangan ini terletak pada perpaduan cita rasa pedas dan gurih. Selain menjadi favorit di rumah-rumah, asem pedas juga sering dijadikan pilihan utama dalam berbagai acara penting.

Jika Anda berkunjung ke Bangka Belitung, maka wajib untuk mencicipi salah satu kuliner Bangka Belitung ini. Anda bisa menemui hidangan ini di restoran maupun rumah makan Belitung.

*Baca Juga: Daftar Kerajinan Tangan Khas Bangka Belitung

11. Sup Gangan

Sebagai salah satu destinasi wisata laut terkemuka, Bangka Belitung memiliki hidangan khas yang berasal dari olahan ikan. Salah satu rekomendasi menu yang patut dicoba adalah sup gangan. Hidangan ini merupakan olahan ikan tenggiri yang disajikan dengan campuran rempah-rempah seperti cabai, bawang, lengkuas, kunyit, dan bahan-bahan lainnya.

Sup gangan terkenal dengan cita rasa gurihnya, sehingga sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat. Selain kelezatan gurihnya, sup gangan juga menawarkan rasa pedas yang membuatnya menjadi pilihan ideal bagi pecinta makanan pedas. Keistimewaan lain dari sup gangan ini adalah ketiadaan rasa amis, meskipun dibuat dari olahan ikan.

Untuk menikmati hidangan lezat ini, Anda dapat mencarinya di beberapa tempat makan seperti RM Gangan Sari di Tanjung Padang. Harga sup gangan berkisar sekitar Rp 100.000 per kilogram.

12. Siput Gonggong

Siput gonggong merupakan makanan khas Bangka Belitung yang sangat populer. Siput ini bukan hanya menjadi salah satu ikon dari daerah tersebut, tetapi juga terkenal karena cara memasaknya yang sangat sederhana, yaitu dengan merebus. Meskipun begitu, kelezatan rasa siput gonggong ini tidak perlu diragukan lagi.

Selain dihidangkan dalam keadaan direbus, siput gonggong juga bisa diolah dengan cara digoreng. Dengan demikian, Anda memiliki opsi untuk menyesuaikan cara pengolahan siput gonggong sesuai dengan selera masing-masing. Siput gonggong paling enak dinikmati dengan tambahan sambal pedas, yang semakin menambah nikmatnya saat disantap.

Siput gonggong dapat ditemukan di sekitar pantai-pantai di Bangka Belitung, mengingat siput ini hidup di perairan laut. Harganya pun cukup terjangkau, sekitar Rp 55 ribu per kilogram.

13. Belacan

Selain hidangan berkuah, Bangka Belitung juga dikenal dengan makanan khasnya, yaitu Belacan. Uniknya, Belacan bukan hanya menjadi nikmat di daerah asalnya, tetapi juga menjadi pilihan oleh-oleh yang populer.

Aroma dan cita rasa Belacan dapat dianggap sangat khas, menjadikannya daya tarik bagi banyak orang. Belacan umumnya disajikan dengan bumbu tambahan dan sambal, memberikan pengalaman rasa yang membuat ketagihan. Bumbu khas tersebut menjadi ciri khas Belacan. Selain itu, Belacan dihasilkan melalui proses fermentasi bahan-bahan laut, dan sering ditemukan di desa Sijuk.

14. Bong Li Piang

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa sebagian masyarakat Bangka Belitung memiliki pengaruh budaya Tiongkok. Maka dari itu, tak jarang ditemui makanan yang merupakan perpaduan antara budaya Indonesia dan Tiongkok, salah satunya adalah Bong Li Piang.

Bong Li Piang, hidangan khas Bangka Belitung, terbuat dari bahan-bahan seperti santan, nanas, gula aren, dan tepung terigu. Kunjungan ke Bangka Belitung akan terasa kurang lengkap tanpa mencicipi kelezatan makanan ini.

Kue ini memiliki tekstur lembut dan cita rasa manis, seringkali diisi dengan selai nanas, meskipun tak jarang juga diisi dengan variasi lain. Karena berbentuk kue, Bong Li Piang sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

15. Kricu

Makanan khas Bangka Belitung yang cocok sebagai oleh-oleh atau camilan adalah Kricu, yang terbuat dari telur cumi. Hidangan ini memiliki tekstur yang mirip dengan kue kering umumnya, yaitu renyah. Rasa Kricu ini terasa gurih dengan sentuhan sedikit manis.

Kricu, makanan khas Bangka Belitung, sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya melibatkan telur cumi, telur ayam, bumbu penyedap, dan garam.

Itulah 15 makanan khas Bangka Belitung yang populer dan wajib Anda coba saat berkunjung ke Bangka Belitung. Untuk menikmati wisata Belitung baik wisata alam, wisata sejarah maupun wisata kuliner, Anda bisa menggunakan layanan Belitung Mania Tour and Travel.

Anda bisa mendapatkan paket wisata belitung dengan harga murah lho. Kami menawarkan paket 2 hari 1 malam, 3 hari 2 malam, dan 4 hari 3 malam. Anda juga bisa berdiskusi dengan kami sebelum datang ke belitung, kami siap meyalani Anda dengan senang hati.

Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp us