15 Objek Wisata Belitung yang Sangat Populer

Objek wisata Belitung bisa menjadi tempat Anda healing dan menikmati keindahan alam, baik itu pantainya, danaunya bahkan kulinernya. Pulau Belitung mungkin terkenal dengan kisah Laskar Pelangi, namun daya tarik Pulau Belitung lebih dari sekadar kisah Laskar Pelangi.

Keajaiban pulau ini terletak pada keindahan alam baharinya yang selalu mengundang decak kagum dari para pengunjung. Jika Anda berencana liburan di Belitung, Anda akan menemukan beragam objek wisata Belitung yang menarik. Pastikan Pulau Belitung menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib masuk dalam daftar rencana perjalanan Anda.

15 Objek Wisata Belitung yang Populer

Pulau yang berdekatan dengan Bangka ini menawarkan berbagai daya tarik wisata yang membuatnya menjadi destinasi wisata dalam negeri yang cukup terkenal. Terkadang disebut sebagai ‘surga’ di barat Indonesia, Pulau Belitung menyimpan banyak tempat menarik yang layak dikunjungi bagi Anda yang berencana menghabiskan waktu libur di pulau ini. Berikut ini adalah daftar objek wisata Belitung:

1. Pantai Tanjung Tinggi

Objek wisata Belitung yang sangat populer adalah pantai Tanjung Tinggi. Pulau Belitung memiliki sejumlah pantai yang masih alami, dan salah satunya yang menarik adalah pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini terkenal karena menjadi lokasi syuting film “Laskar Pelangi” dan menjadi salah satu ikon pariwisata di Belitung.

Keunikan dari objek wisata ini terletak pada batu-batu granit yang besar yang menghiasi tepi pantai dengan pasir putih halus. Ombak yang tenang di pantai ini menciptakan atmosfer yang menenangkan, ideal untuk menyegarkan pikiran Anda yang lelah.

2. Pantai Tanjung Kelayang

Objek wisata Belitung lainnya yang mempersembahkan panorama unik khas pantai-pantai eksotisnya adalah Pantai Tanjung Kelayang. Terletak di sebelah utara Pulau Belitung, pantai ini menampilkan dua bagian yang memukau dengan pemandangan yang berbeda.

Sisi barat dari objek wisata ini dipenuhi dengan formasi batu granit raksasa, menciptakan pemandangan yang indah dan cocok untuk diabadikan dalam foto Instagram. Sementara itu, sisi timur pantai didominasi oleh hamparan pasir putih dan halus, menciptakan lingkungan yang ideal untuk bersantai sambil menikmati semilir angin di tepi pantai.

3. Batu Mentas

Selain menikmati wisata pantai, Anda juga dapat menjelajahi keindahan Batu Mentas di Belitung yang terletak di dalam kawasan Hutan Lindung Gunung Tajam. Terletak di pegunungan, tidak hanya udaranya yang sejuk, tetapi juga menyegarkan karena keaslian alamnya yang terjaga dengan baik.

Di dalam hutan lindung ini, Anda dapat menemui beragam jenis satwa, termasuk Tarsius (Cephalus Bancanus Saltator) yang dikenal sebagai Pelile’an oleh warga setempat. Selain itu, tempat wisata ini juga berperan sebagai kawasan konservasi untuk rusa.

4. Danau Kaolin

Tidak seperti danau-danau biasanya, objek wisata ini menampilkan air danau berwarna biru yang mencolok, dikelilingi oleh daratan putih yang kontras. Jika Anda seorang pecinta fotografi, Danau Kaolin adalah destinasi yang harus dimasukkan ke dalam daftar liburan Anda, karena panorama alamnya menawarkan potret-potret yang sangat instagramable.

Keunikan lainnya, danau ini kaya akan mineral yang sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik. Sehingga banyak yang meyakini bahwa mencuci muka atau berenang di danau ini memberikan manfaat kecantikan untuk kulit Anda.

5. Pantai Punai

Menjelajahi sisi tenggara Belitung dengan mengunjungi Pantai Punai yang terletak di Desa Tanjung Kelumpang. Seperti kebanyakan objek wisata di Belitung, pantai ini juga dikelilingi oleh batu-batuan granit, namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Dari pantai ini, Anda dapat melakukan perjalanan singkat ke sebuah pulau kecil melalui perairan dangkal yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Pulau ini dahulu merupakan habitat bagi burung Punai, sehingga diberi nama Pulau Punai.

Suasana tenang dan ombak yang tidak terlalu besar membuat Pantai Punai cocok untuk Anda yang sedang mencari waktu untuk diri sendiri, jauh dari keramaian.

*Baca Juga: Inilah Tempat Wisata di Belitung Selain Pantai

6. Pulau Kepayang

Dikenal sebagai Pulau Babi, pulau ini memiliki luas sekitar 12 hektar, menjadikannya pulau terbesar di antara gugusan pulau di sekitarnya. Pulau ini menawarkan pantai berpasir putih yang cantik, dihiasi oleh batuan granit raksasa yang menambah daya tarik estetikanya.

Ketika Anda mengunjungi pulau ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang memukau dari pantai berair biru terang. Selain itu, kesempatan untuk menjelajahi keindahan bawah air pantai ini juga tersedia. Ketenangan ombak dan semilir angin pantai memberikan kenyamanan tambahan bagi para wisatawan yang berkunjung ke sini.

7. Pulau Lutong

Pulau Lutong adalah salah satu objek wisata Belitung yang juga sangat popular. Jika Anda berlibur ke Belitung, pastikan memasukan Pulau Lutong ke dalam list perjalanan Anda. Pulau ini, dengan semenanjung pasir putih dan halusnya, menyimpan keindahan yang masih belum banyak diketahui orang.

Dengan perairan laut yang mempesona berwarna kehijauan, dihiasi oleh batu granit, Pulau Lutong sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Pohon-pohon ketapang dan kelapa yang tumbuh di sepanjang pinggiran pantai menambah pesona pulau ini. Nikmatilah keindahannya saat Anda menjelajahi pulau yang menawan ini, sambil bersantai menikmati waktu liburan.

8. Pulau Lengkuas

Tidak kalah terkenal dengan objek-objek wisata Belitung sebelumnya, Pulau Lengkuas memiliki daya tarik yang unik. Salah satu keistimewaannya adalah keberadaan mercusuar peninggalan Belanda yang tetap kokoh berdiri meskipun telah berusia lebih dari satu abad.

Mengunjungi puncak mercusuar dan menikmati panorama laut yang memukau dari ketinggian akan menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan. Selain itu, destinasi wisata ini menawarkan pantai cantik dengan hamparan batu granit yang eksotis.

Keunikan lainnya adalah Anda dapat menyeberang ke pulau ini dengan berjalan kaki saat air laut surut karena kedalamannya hanya sekitar 1.2 meter.

9. Pulau Leebong

Pulau Leebong menjadi salah satu objek wisata Belitung yang populer karena keindahannya. Diantara pulau-pulau lain di Belitung, Leebong adalah destinasi yang paling diminati oleh para wisatawan. Pulau ini dilengkapi dengan fasilitas hiburan yang sangat lengkap, termasuk sarana olahraga seperti snorkeling, banana boat, jet ski, dan standing kayak.

Tidak perlu khawatir tentang peralatan karena petugas menyediakan berbagai alat yang dapat disewa. Di tengah pulau, terdapat jembatan kecil yang sering dijadikan spot foto menarik. Keindahan pulau ini mampu memukau siapapun yang melihatnya.

*Baca Juga: Wisata Belitung Timur yang Wajib Dikunjungi

10. Pulau Burung

Nama Pulau Burung diambil dari batu berbentuk kepala burung yang terletak di tengah pantainya. Pantai di sini menampilkan pasir putih dan perairan yang tenang dengan ombak minim, ideal untuk berenang atau berbagai kegiatan bermain air.

Pemandangan di pulau ini sangat indah dan menenangkan. Tempatnya masih jarang dikunjungi, memberikan Anda kesempatan untuk bersantai sepenuhnya selama liburan. Seperti pantai-pantai lainnya, terdapat banyak spot foto menarik di sekitar pulau ini. Luas pantainya sekitar 2 hektar, dikelilingi oleh pepohonan ketapang yang menambah kesegaran mata.

11. Pulau Pasir

Sesuai dengan namanya, pulau ini terkenal dengan pasir putih yang sangat lembut, bahkan lebih lembut dibandingkan pantai-pantai lainnya. Keunikan pulau ini terletak pada fenomena mengejutkan di bagian tengahnya, yaitu adanya pulau kecil di tengah laut.

Pulau kecil tersebut hanya muncul saat pasang dan menghilang saat surut. Pulau ini memiliki perairan dangkal yang memungkinkan pengunjung untuk bebas bermain air. Ini adalah salah satu objek wisata Belitung yang perlu Anda kunjungi.

12. Bukit Pangkuan

Belitung bukan hanya terkenal dengan pantainya yang indah, melainkan juga dengan pesonanya yang terletak di beberapa bukit menakjubkan. Salah satu objek wisata Belitung yang menarik untuk dikunjungi adalah Bukit Pangkuan, sebuah tempat agrowisata yang sangat cocok bagi keluarga. Disini, pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan menarik.

Bukit Pangkuan bukan hanya sekedar tempat wisata biasa, tetapi juga merupakan surga bagi pecinta alam dan pertanian. Selain menyajikan pemandangan indah, pengunjung juga diajak untuk berpartisipasi dalam pengalaman panen buah langsung dari pohonnya. Berbagai jenis buah seperti kelengkeng, rambutan, melon, jambu, dan sirsak dapat dijumpai di sini.

13. Bukit Peramun

Bukit Peramun adalah objek wisata Belitung yang terkenal dengan pemandangan alam dan satwa endemiknya. Hamparan pepohonan hijau menjadi pemandangan utama, disertai dengan fasilitas menarik yang membuat kunjungan Anda semakin berkesan.

Salah satu daya tariknya adalah jembatan merah yang menjadi jalur penyeberangan menuju desa sebelah, serta kejutan lain seperti mobil terbang yang menambah keunikan tempat ini. Tidak hanya itu, Bukit Peramun juga menjadi rumah bagi Tarsius, hewan mungil bermata besar yang sangat lucu. Anda bisa menemui mereka ketika menjelajahi area ini.

14. Bukit Berahu

Jika Anda menginginkan pengalaman liburan yang lebih santai namun tetap ingin menikmati keindahan alam Belitung, Bukit Berahu adalah pilihan destinasi wisata yang sempurna. Kawasan ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk restoran dan villa untuk penginapan, lengkap dengan sarana rekreasi seperti kolam renang.

Keunikan lainnya adalah lokasi Bukit Berahu yang berada di dataran tinggi. Ini memungkinkan Anda menikmati panorama indah pantai dan laut Belitung dari ketinggian, memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

15. Gunung Burung Mandi

Burung Mandi menonjol sebagai salah satu destinasi wisata utama di Belitung yang sangat diminati oleh pengunjung. Keunikan tempat ini terletak pada lokasinya yang berdekatan dengan sebuah gunung yang memukau, serta menampilkan pemandangan pantai yang tak kalah menarik.

Pantai yang dikenal dengan nama Burung Mandi ini mempesona dengan hamparan pasir putih yang luas. Sejajar dengan pantai, ratusan pohon pinus tumbuh, menciptakan area yang teduh dan nyaman. Keindahan alam ini juga memberikan kesempatan untuk mengabadikan momen yang Instagramable, sehingga pengalaman Anda di sekitar pantai ini akan terasa lebih istimewa.

Wisata Belitung yang kami sebutkan dapat Anda jelajahi dengan menggunakan jasa Tour and Travel Belitung Mania. Kami menawarkan paket wisata belitung dengan harga murah. Mulai dari paket wisata family dan paket honeymoon bersama pasangan. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi kami!

Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp us