Objek Wisata Di Pulau Belitung Selain Pantai

Objek Wisata Di Pulau Belitung Selain Pantai

Pulau Belitung selama ini hanya terkenal dengan wisata pantainya yang terlebih dahulu populer karena menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Namun jika anda ingin mengexplore pulau belitung lebih jauh terdapat banyak objek – objek wisata selain pantai. Berikut ini lima objek wisata yang ada di pulau Belitung selain pantai, baik yang berada di kabupaten Belitung maupun di kabupaten Belitung Timur. Baca juga objek wisata pantai di Belitung

    1. Objek wisata air terjun gurok beraye
 
Air Terjun Gurok Beraye

Paket tour air terjun gurok beraye

Salah satu objek wisata di pulau Belitung yang belum banyak di expose ini berada di lereng gunung tajam.  Objek wisata yang satu ini berada di desa kacang butor kecamatan Badau. Sekitar 32 km dari kota tanjungpandan atau kira2 30 menit jika ditempuh dengan menyewa sepeda motor. Untuk memasuki objek wisata ini di bawah kaki gunung tajam ada sebuah gerbang menuju tempat ini dengan membayar tiket masuk sebesar 5000 rupiah. Akses menuju Objek wisata yang dikelola oleh warga setempat ini cukup baik, namun jalan menuju keatas lereng gunung nya cukup sempit dan di kiri kanan jalan terdapat tebing dan jurang. sehingga kami tidak menyarankan anda untuk menggunakan kendaraan rental mobil untuk menuju tempat wisata ini.  Udara yang sejuk dan asri akan menemani perjalanan anda dari pintu masuk menuju airterjun ini.

Jika anda sudah berada di lokasi berbagai aktifitas bisa anda lakukan seperti relaksasi, foto-foto, dan tak lengkap rasanya bila anda tidak mandi dan berenang di air terjun yang airnya jernih dan sejuk ini. Sembari menikmati keindahan air terjun gurok beraye anda akan ditemani satwa-satwa kecil yang menghuni hutan ini antra lain ikan sumatera dan berbagai macam kupu – kupu yang  cantik.

Asal Usul Nama Air Terjun Gurok Beraye

Menurut penjelasan dari tokoh adat setempat yang bernama kik Duha bahwa pada zaman penjajahan belanda orang-orang belanda lah yang membuka jalan menuju air terjun dengan ketinggian 15 meter ini. Pada saat membuka jalur banyak batu-batu gunung yang menghalangi pengerjaan jalan. Orang – orang belanda menggunakan dinamit untuk memecahkan batu – batu tersebut. Masyarakat kampung setempat menamai tempat ini gurok beraye. “Gurok “ artinya air yang jatuh sedangkan beraye artinya halaman. Mungkin penamaan ini menggambarkan tempat ini yang memiliki air yang mengalir dari ketinggian dan di bawah nya terdapat kolam yang seperti halaman atau teras yang berisi air yang digunakan sebagai pemandian alam.

Makam Penyiar Agama Islam

Selain ada pemandian alam jika anda ingin mengexplore lebih jauh lagi. Terdapat jalur pendakian untuk mencapai puncak gunung tajam yang diatas nya terdapat makan syekh Abdullah Abu Bakar yang berasal dari kerajaan Samudera Pasai (Aceh). Beliau yang dimakamkan disini adalah salah satu tokoh penting dalam menyiarkan agama islam yang ada dipulau Belitung.

 

        2. Objek Wisata Bukit Peramun

Objek wisata ini berada Kec. Sijuk. Desa Air Selumar. Lokasi tidak lah terlalu jauh hanya dengan waktu 25 menit dari kota tanjung pandan ada sudah bisa sampai di  lokasi. Karcis masuk kelokasi ini Rp. 10.000/ orang Kemudian untuk mencapai keatas bukit dengan ketinggian 128m dpl ini anda bisa meneruskan dengan berjalan kaki. Selama perjalanan anda akan ditemani pemandu wisata. Di suguhkan dengan pemandangan yang unik. dari mulai jembatan gantung hingga batu granit raksasa yang seperti ter “parkir” di atas bukit. Lelah selama pendakian akan terbayarkan dengan pemandangan di atas bukit. Anda bisa melihat garis pantai tanjung tinggi dari kejauhan.Tidak hanya itu di sini telah disediakan spot foto berupa “mobil terbang” anda bisa berfoto diatas mobil seolah – olah anda sedang mengendarai mobil yang melaju di udara alias terbang. Menurut pengakuan seorang guide butuh 24 orang untuk mengakat mobil ini sampai ke atas bukit. Pada tahun 2016 bukit peramun pernah dijadikan pos pemantauan gerhana matahari total. Mungkin saat itulah objek wisata alam yang satu ini menjadi semakin populer

mobil terbang bukit peramun paket tour belitung bukit peramun

Tak lengkap rasanya jika anda belum melihat satwa unik yang ada di kawasan hutan bukit peramun. Satwa yang di maksud adalah tarsius. Tarsius adalah primata dari genus Tarsius, suatu genus monotipe dari famili Tarsiidae, satu-satunya famili yang bertahan dari ordo Tarsiiformes. Meskipun grup ini dahulu kala memiliki penyebaran yang luas, akan tetapi semua spesies yang hidup sekarang jumlahnya terbatas dan hanya bisa  ditemukan di pulau-pulau di Asia Tenggara. Anda bisa menemukan hewan yang sangat langka ini disekitaran hutan bukit peramun. Karena hewan ini termasuk hewan nokturnal (aktif di malam hari) maka anda hanya bisa menemuinya pada malam hari tentunya dengan bantuan seorang guide yang telah mengenal kawasan hutan ini. 

        3. Objek Wisata Batu Mentas
Dilereng gunung tajam

Satu lagi objek wisata alam yang ada di lereng gunung tajam adalah batu mentas. Arti kata “batu mentas” adalah “Batu yang melintas” atau “batu pintas”. Jadi memang di sini terdapat aliran sungai yang banyak terdapat batu-batu dan pada salah satu spot terdapat batu besar yang seperti melintasi sungai. 

Lokasi objek wiata batu mentas

Untuk mengunjungi objek wisata batu mentas anda perlu menempuh perjalanan hanya sekitar 25 menit dari kota tanjungpandan. Objek wisata ini berada di Kec. Badau desa kelekak datuk. Tiket masuk Rp. 10.000 per orang. Dari Tempat parkiran anda akan langsung memasuki beranda objek wisata.

Kegiatan yang bisa anda lakukan

Disini ada penangkaran hewan langka didunia, namanya tarsius. Ya sama seperti yang ada di bukit peramun. Mamun bedanya tarsius disini ada dalam penangkaran. Sejenis primata yang hanya berukuran sekepalan tangan orang dewasa. Kemudian ada sekolah alam dimana terdapat informasi – informasi mengenai hutan batu mentas, jenis – jenis folra dan fauna khas yang ada di wilayah hutan batu mentas seperti bunga kantung semar yang dalam bahasa belitung namanya ” bunga ketakong”. di area sungai juga disediakan flying fox dan ayunan di atas air. flying fox nya langsung menuju sungai. jadi ketika anda mendarat anda akan langsung nyebur ke sungai. seru bukan? hal lain yang anda bisa lakukan di sini adalah rafting menyusuri sungai. dengan membayar Rp. 20.000 untuk menyewa perlengkapan dan guide nya.

Selain itu disini juga disediakan arena outbond dan restoran “debang untan” yang jika di artikan dalam bahasa indonesia adalah “restoran di dalam hutan”. Menu menunya sangat familiar sehingga cocok untuk siapa saja. Seperti nasi goreng, mie goreng, kopi panas, teh, pempek dan lain-lain. Restoran ini juga menyediakan makanan dan cara makan khas orang belitung, yaitu makan bedulang. Namun untuk menikmati sajian khas ini anda perlu reservasi terlebih dahulu

Paket wisata tarsius belitung

Lanjut perjalanan lagi anda perlu tracking sekitar 30 menit untuk melihat batu mentas di kedalaman hutan. Disini suasananya sangat asri dan sejuk. Foto – foto adalah hal yang “wajib” di lakukan jika sudah sampai disini. Jangan lupa untuk menikmati sejuknya air dengan berenang di sini. Oh iya lokasi ini juga sering dijadikan lokasi foto prewedding. 

Belum dimasukkan dalam paket wisata

Itulah sedikt gambaran tentang wisata alam batu mentas. Waktu yang tepat untuk mengunjungi objek wisata ini adalah saat musim panas antara bulan Mei dan September. Namun sayangnya para pelaku industri wisata di pulau belitung masih banyak yang belum memasukkan objek wisata ini ke dalam itenerary paket wisatanya. Tetapi anda tidak perlu khawatir jika anda memesan paket tour 4d3n belitung mania anda bisa meminta kepada kami untuk memasukkan objek wisata ini kedalam itenerary. dikarenakan lokasi batu mentas berada di antara perjalanan dari kota tanjungpandan menuju objek wisata replika sd lakskar pelangi.

        4. Rumah Adat Belitung

Ide pembangunan rumah adat belitung berawal dari semakin sedikit nya rumah adat asli orang belitung. Dikarenakan faktor usia maka makin banyak rumah – rumah adat yang makin reot diganti dengan rumah tembok oleh pemiliknya. Lokasi rumah adat belitung persis berada di samping rumah dinas bupati Belitung.

Rumah adat belitung berbentuk rumah panggung yang terbuat dari kayu. Tiang – tiang utama rumah ini menggunakan kayu bulin (kayu ulin) atau kayu besi yang terkenal akan kekuatan dan daya tahannya. Sedangkan bagian rumah lainnya menggunakan kayu nyatoh dan atap nya menggunakan kayu seru. Rumah adat belitung merupakan rekontruksi rumah gede. Yaitu rumah orang – orang terpandang pada zaman dahulu. Rumah ini terdiri dari lima bagian. Yaitu teras, ruang utama, loss, dapur, dan rumah penjaga. Hal ini juga yang membedakan rumah bangsawan dengan rumah orang biasa. rumah orang biasa tidak memiliki rumah penjaga. Jumlah anak tangga rumah orang adat belitung haruslah berjumlah ganjil. Untuk rumah orang bangsawan jumlah anak tangga lebih dari tiga, sedangkan rumah rakyat biasa hanya boleh berjumlah 3 buah. 

Teras rumah berfungsi untuk menerima tamu laki-laki sedangkan tamu perempuan bisa langsung memasuki ruang utama dan juga dapur. Ruang utama adalah tempat aktifitas keluarga seperti mengaji, istirahat, maupun berbincang-bincang dengan anggota keluarga lainnya. Diruang utama anda bisa melihat cirikhas rumah adat belitung dimana ruangan nya tidak memiliki sekat-sekat. Seluruh anggota keluarga tidur disini menggunakan alas tikar. Pada bagian belakang terdapat dapur. Selain tempat aktifitas memasak juga sebagai tempat menyimpan hasil bumi atau cadangan pangan. diantara ruang tamu dan dapur terdapat loss. seperti jembatan penghubung antara ruang utama dan dapur. Pada bagian belakang sekali terdapat bangunan yang terpisah dari bangunan utama. Bangunan ini fungsinya sebagai rumah penjaga atau istilah zaman sekarang nya pembantu. 

Rumah adat yang dibangun di samping rumah dinas bupati ini juga berfungsi sebagai tempat edukasi kebudayaan Belitung. Diruang utama terdapat ornamen – ornamen prosesi pernikahan adat Belitung. Terdapat baju pengantin adat Belitung, hantaran – hantaran pengantin dan juga ranjang pengangtin baru yang dihias dengan kain warna-warni. Terdapat juga foto-foto Belitung pada zaman dulu dan foto – foto Bupati dari semua periode. 

Lengkapi kunjungan liburan anda dipulau Belitung dengan berfoto dirumah adat dengan menggunakan baju adat Belitung. Terdapat penyewaan baju adat belitung yang bisa di jadikan properti untuk foto – foto. Jadi jika anda sedang berlibur kepulau Belitung tidak ada salahnya anda meluangkan waktu untuk berkunjung ke rumah adat Belitung. Untuk masuk ke tempat ini tidak dipungut biaya alias gratis. 

        5. Vihara Dewi Kwan Im

Paket tour belitung timur paket wisata vihara dewi kwan im

Vihara dewi Kwan Im merupakan vihara terbesar dan tertua di pulau Belitung. Letak nya berada di desa burung mandi Kab. Belitung Timur. Seperti ciri khas vihara Dewi Kwan Im di wilayah lainnya vihara ini letaknya di atas bukit dan menghadap kelaut. Tidak diketahu pasti siapa yang pertama kali membangun vihara ini. Vihara ini ditemukan pertama kali pada tahun 1747 saat pertama kali orang – orang belanda membawa perkerja – pekerja tambang dari cina. Konon katanya di atas bukit ini dewi Kwan Im pernah bersembahyang dan berdo’a. 

       6. Replika SD Laskar Pelangi

repikla sd muhammadiya gantung sd laskar pelangi

Di kabupaten Belitung timur kecamatan gantung terdapat replika SD Muhammadiyah Gantung. Yaitu tempat yang dulunya menjadi sekolah novelis terkenal “Andrea Hirata” Awal nya replika ini di dibangun untuk keperluan syuting film “Laskar Pelangi“. Setelah syuting film selesai pemda setempat meminta agar replika SD itu tidak di hancurkan agar warga Belitung bisa melihatnya. Namun karena memang novel dan film Laskar Pelangi begitu populer di Indonesia bahkan manca negara menjadikan replika SD Laskar Pelangi menjadi tempat tujuan wisata. 

Begitu anda memasuki ruang kelas SD ini anda bisa membayangkan betapa sederhananya kondisi belajar pada zaman itu. Diruang kelas hanya terdapat kursi kayu, meja papan tulis, dan beberapa perlengkapan sekolah yang jauh berbeda dengan kondisi sekolah pada zaman sekarang. Bangunan sekolah terbuat dari papan yang sudah reot dan hampir rubuh. Namun disinilah letak kisah inspiratifnya. Bahwa kesuksesan tetap bisa diraih walau dalam keadaan serba keterbatasan. 

      8. Museum Kata Andrea Hirata

wisata belitung museum kata  paket tour belitung timur

Siapa yang tak kenal novelis Indonesia yang satu ini. “Andrea Hirata” adalah sorang novelis terkenal asal Belitung, Tepat nya di Belitung Timur kecamantan Gantung. Karyanya bahakan dikenal hingga mancanegara, Bebeberapa karyanya telah di terjemahkan kedalam beberapa bahasa dan di terbitkan di beberapa negara. 

Andrea Hirata kemudian mendirikan sebuah museum kata yang pertama di indonesia. Agar masyarakat lebih meningkatkan minat akan membaca. Karena sudah banyak bukti bahwa kekuatan literasilah yang berpengaruh besar kepada arah peradaban dunia. 

Musium ini terletak di kecamatan gantung Belitung timur. Dibuka pada tahun 2010 dan sempat di tutup karena renovasi dan dibuka kembali pada tahun 2016. Sesuai dengan namanya, museum kata ini adalah museum pribadi milik Andrea Hirata. Dengan suksesnya novel Laskar Pelangi dan juga wawasannya yang luas, beliau ingin mewujudkan sebuah museum kata di Indonesia seperti yang ada di luar negeri. Keiinginan Andrea supaya museum ini dapat digunakan sebagai pusat edukasi dan apresiasi sastra dapat dilihat jelas di museumnya. Dengan adanya lebih dari 200 literatur dari berbagai penulis dan juga berbagai genre, museum ini merupakan bentuk kepedulian sekaligus perwujudan apresiasi Andrea Hirata terhadap sastra. Museum yang penuh dengan warna-warni ini juga menjadikannya sebagai tempat yang unik. Segingga banya spot foto yang instagramable dimuseum ini

      8. Kampung Fifi

Kampung fifi dulunya adalah kampung Ahok di masa menjabat nya Basuki Tjahyapurmana sebagai gubernur DKI Jakarta. Lokasinya berada persis didepan rumah pribadi Ahok. Fifi sendiri adalah adik kandungnya Ahok, beliau juga yang langsung mengelola tempat ini. 

Di sini terdapat pernak- pernik tentang pak Ahok di jual. dari kaos bergambarkan karikatur Ahok, sampai tempelan kulkas. Di sebrang jalan persisnya di samping rumah keluarga Ahok yang masih didalam satu pekarangan rumah terdapat galeri daun simpor. Disini anda bisa melihat proses pembuatan batik daun simpor dan juga membeli cindera mata kain batik dan lain – lainnya. Jika sudah sampai di sini jangan lupa berfoto di depan rumahnya Ahok ya, siapa tau pas ada Ahok nya dan bisa ketemu langsung. 🙂 

rumah ahok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat