Daftar Pantai Belitung yang Mempesona dan Terbaik

Pantai Belitung menjadi destinasi wisata yang paling diminati oleh wisatawan karena keindahannya. Pantai-pantai dengan pasir putih di Belitung tidak hanya memukau dengan pemandangan yang indah. Tapi juga memberikan pengalaman liburan yang tenang dan suasana alam yang masih asri.

Jika Anda berencana berlibur ke Bangka Belitung dan ingin mengunjungi wisata pantai, maka Anda perlu tahu Pantai apa saja yang wajib Anda kunjungi. Dengan mengetahui pantai Belitung yang menawarkan pemandangan indah, Anda bisa merencanakan liburan Anda yang menyenangkan.

Daftar Pantai Belitung yang Mempesona

Tanah Sumatera, khususnya Pulau Belitung, memang selalu menghadirkan keindahan yang tak terhingga. Kawasan ini dijuluki sebagai tempat yang memikat dengan keunikan alamnya yang tak tertandingi. Belitung dikenal memiliki beragam destinasi laut yang menakjubkan serta ciri khasnya yang istimewa.

Kecantikan alam yang luar biasa dan gemuruh ombak yang memikat membuat siapapun akan terpesona saat mengunjungi Belitung, sebuah permata di Kepulauan Bangka Belitung. Berikut adalah beberapa pantai terbaik yang dapat Anda nikmati:

1. Pantai Batu Berlayar

Wisata Belitung yang sangat mempesona dan instagramable yang dapat Anda kunjungi adalah Pantai Batu Berlayar. Pantai ini memukau dengan batuan granit besar yang tersebar di berbagai tempat. Dibandingkan dengan destinasi bahari lainnya, sebagian besar wilayah pesisirnya dihiasi dengan batuan granit yang menarik perhatian setiap mata yang memandang.

Keberagaman ukuran batuan ini sering dimanfaatkan oleh para wisatawan sebagai tempat duduk alami yang tak akan pernah berpindah dari tempatnya. Batuan-batuan tersebut bahkan menjadi salah satu spot foto favorit. Namun, tetaplah berhati-hati setiap kali berjalan, karena permukaan batu bisa terasa licin akibat terhantam ombak.

Daya tarik Pantai Batu Berlayar tidak hanya terletak pada jumlah batuan granit yang menghiasi tepi pantainya, tetapi juga pada kejernihan air lautnya. Laut yang tampak begitu jernih membuat pengunjung dapat menikmati keindahan bawah laut tanpa perlu menyelam.

2. Pantai Tanjung Kelayang

Siapa yang tidak mengenal keindahan yang dipersembahkan oleh Pantai Tanjung Kelayang? Pantai belitung ini menjadi wisata unggulan bahkan menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang internasional, yakni Sail Wakatobi Belitong. Dengan demikian, pesona yang dimilikinya terkenal hingga ke seluruh dunia.

Seperti pantai-pantai indah lainnya di Belitung, pengunjung di sini akan dimanjakan oleh pantai yang dihiasi dengan batuan-batuan besar. Keberadaan batuan tersebut memberikan kesan yang unik, kontras dengan warna air laut yang terlihat jernih. Hanya dengan melihat luasnya lautan, rasa penat seketika akan sirna.

Keindahan alamnya sungguh memukau, namun jangan sampai melupakan untuk mengabadikan momen liburan sebagai kenangan tak terlupakan. Berbagai spot foto kontemporer juga dapat ditemukan di sini. Sehingga pengunjung dari luar daerah akan merasa rugi jika melewatkan keseruan ini hanya karena terlalu asyik menikmati keindahan alamnya.

*Baca Juga: Selat yang Memisahkan Pulau Belitung dan Bangka

3. Pantai Punai

Pantai Punai adalah pantai Belitung yang terkenal dengan bebatuan granitnya yang menghiasi bibir pantainya. Memang jika dilihat sekilas Pantai Punai tidak berbeda dengan Pantai lain yang ada di Belitung, tapi saat Anda benar-benar memperhatikannya maka Anda akan melihat bedanya. Perbedaanya yaitu ukuran batuan granitnya yang tidak terlalu besar dibandingkan dengan pantai lain di Belitung.

Sedikit berbeda dengan pantai khas belitung lainnya, Pantai Punai memiliki hamparan pasir yang berwarna putih bersih dan dihiasi dengan batuan kecil d area tertentu saja. Pantai ini memiliki keindahan yang sukses membuat wisatawan terpesona akan keindahan alamnya yang unik.

Ukuran batu yang tidak terlalu besar memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam sekitarnya tanpa hambatan. Lautan lepas dengan warna biru kehijauan terbentang jelas di hadapan. Seolah mengundang pengunjung untuk bermain di sepanjang tepi pantai dan mencoba kelegaan airnya.

4. Tanjung Tinggi

Tanjung Tinggi merupakan salah satu destinasi pantai Belitung yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Belitung. Namanya semakin terkenal hingga ke seluruh negeri, terutama karena menjadi lokasi syuting film populer “Laskar Pelangi”. Sejak saat itu, kecantikannya diakui oleh penduduk Indonesia dan terus menjadi tujuan wisata yang ramai dikunjungi.

Bermain di pantainya yang indah, memancing, berenang tenang, hingga menjelajahi keindahan bawah laut dengan snorkeling, semua aktivitas menarik dapat dinikmati di sini. Ragam kegiatan seru ini membuat pengunjung betah berlama-lama, bahkan ada yang memilih untuk bermalam dengan mendirikan tenda di sekitar pantai.

Pengunjung memiliki kesempatan untuk merasakan kesegaran air laut yang sangat jernih, sambil mengingat suasana ombak yang tidak terlalu besar. Namun, perlu berhati-hati agar tidak tersengat ubur-ubur, karena di area tersebut sering ditemukan kelompok ubur-ubur yang terlihat berenang santai di tepian pantai.

5. Tanjung Marang Bulo

Ingin menikmati momen sunset terbaik di Belitung? Segera kunjungi Tanjung Marang Bulo di Pulau Seliu. Berbeda dengan pesona senja biasa, pantai Belitung ini menawarkan keunikan saat air lautnya sedang pasang. Ini membuat batuan-batu yang tersebar di sejumlah titik pantai terlihat seolah mengapung.

Sambil menunggu matahari terbenam di ufuk barat, tak ada salahnya untuk mengeksplorasi berbagai kegiatan seru yang pastinya tak akan membuat Anda bosan. Di tepi pantai, manfaatkan kesempatan untuk merasakan segarnya air laut atau hanya menikmati angin laut yang menyenangkan di bawah pepohonan.

6. Pantai Tanjung Pendam

Dikenal hingga ke luar kawasan, Pantai Tanjung Pendam menjadi destinasi rekreasi menarik ketika berkunjung ke Belitung. Bahkan, para anak muda Belitung senang bersantai di area wisata ini, menikmati semilir angin sambil menyaksikan perubahan warna langit saat senja tiba.

Kegiatan nongkrong bersama teman semakin menyenangkan, karena area ini dilengkapi dengan berbagai cafe yang menawarkan hidangan lezat untuk dinikmati bersama. Seiring malam tiba, tempat rekreasi ini semakin ramai dengan kunjungan wisatawan dari berbagai daerah. Dengan memesan secangkir kopi dan camilan ringan, liburan pun menjadi sempurna.

7. Desa Nelayan Tanjung Binga

Desa Nelayan Tanjung Binga merupakan destinasi rekreasi terbaik bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam khas Belitung sambil merasakan atmosfer kehidupan nelayan lokal. Mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan beragam hidangan lezat hasil olahan laut yang menarik untuk dicicipi.

Tidak hanya terbatas pada area wisata, di sekitarnya terdapat berbagai restoran hingga resort mewah yang menyajikan beragam masakan lezat dari hasil tangkapan nelayan setempat. Selain menawarkan kuliner khas Belitung, tempat ini memungkinkan pengunjung menikmati hidangan sambil menikmati pemandangan laut lepas yang memukau di depan mata.

*Baca Juga: Cara Pesan Tiket Pesawat ke Bangka Belitung

8. Teluk Limau

Bagi yang menginginkan pengalaman bermain air maritim yang menyegarkan bersama teman-teman, Teluk Limau merupakan pilihan pantai Belitung terbaik. Ombak yang cenderung tenang dan suasana yang nyaman membuat siapa pun sulit untuk meninggalkan tempat wisata ini sejak pertama kali sampai di sana.

Dibandingkan dengan destinasi pantai lainnya, teluk ini mungkin tidak begitu besar atau luas. Namun, daya tariknya terletak pada keunikan alam yang sulit ditemukan di pantai lain. Sayangnya, tempat rekreasi ini jarang dikunjungi karena lokasinya yang tersembunyi dan akses jalan yang belum memadai.

Ketersembunyiannya membuat akomodasi yang tersedia terbatas, sehingga disarankan untuk membawa bekal dari rumah untuk kebutuhan harian. Menyelenggarakan piknik sederhana di tepi pantai pun menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan, terutama jika Anda datang bersama kekasih hati.

9. Pulau Burung

Pulau Burung menjadi tambahan menarik dalam rangkaian destinasi wisata pantai Belitung yang tidak boleh dilewatkan. Meskipun secara kasat mata, luas area wisatanya tidak sebesar formasi lainnya. NamunĀ  daya tariknya terletak pada sejumlah batuan granit kuat yang melintasi tepian pantai, memberikan kesan yang unik.

Dari berbagai batuan tersebut, satu diantaranya memiliki bentuk menyerupai kepala burung, yang menjadi inspirasi nama Pulau Burung. Keunikan bentuk batuan granit ini membuat pengunjung tak dapat menahan diri untuk mengabadikannya dengan menggunakan smartphone mereka.

Setibanya di pulau ini, Anda akan dapat melihat Laut Cina Selatan yang samar-samar terlihat menyatu dengan langit yang luas. Cukup dengan memandangnya dari tepi pantai, disertai semilir angin sejuk, sudah cukup untuk mengusir beban pikiran. Tidak heran jika banyak turis rela datang dari tempat yang jauh hanya untuk melihat keindahannya secara dekat.

10. Pulau Kepayang

Belitung memiliki sejumlah pulau mungil yang menawarkan daya tarik unik, salah satunya adalah Pulau Kepayang. Setibanya di pulau ini, para wisatawan akan disuguhi pemandangan yang menawan dari formasi pantai yang memukau. Apalagi air lautnya yang bersinar cerah ketika terkena sinar matahari.

Meskipun berukuran kecil, keelokan alam yang ditawarkan oleh Pulau Kepayang tidak boleh diabaikan. Dengan luas wilayah sekitar 14 hektar, para pengunjung dapat menemukan beberapa spot indah yang layak untuk dieksplorasi. Jika tertarik untuk menjelajahi lebih dalam keindahannya, disarankan untuk menyewa boat di Tanjung Kelayang yang dapat mengantar Anda ke pulau cantik ini.

Nah itulah daftar pantai Belitung dengan pesona alam yang menakjubkan. Anda bisa berlibur ke pantai Belitung tersebut dengan paket wisata Belitung yang ditawarkan Belitung Mania Tour and Travel. Dengan menggunakan Belitung Mania Tour and Travel, Anda dapat menikmati liburan yang menyenangkan di berbagai tempat wisata yang Anda inginkan.

Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp us