Pulau Batu Garuda

 

Pulau Batu Garuda – Paket wisatabelitung.net. Dari mendengar Namanya tentu membuat orang bertanya – tanya. (kamu nanya. Eaaa). Apa ada sebuah batu berbentuk burung garuda? Ya .. memang betul. Penamaan pulau tersebut karena di pulau tersebut terdapat batu besar yang berbentuk kepala burung garuda Pancasila. Sebagai mana kita ketahui lambang negara Indonesia itu adalah seekor burung garuda yang kepalanya menoleh ke kiri. Salah satu bentuk batu yang ada di pulau tersebut memang mirip sekali dengan kepala burung yang menghadap ke kiri. Maka dinamakanlah pulau tersebut sebagai pulau batu garuda. Batu tersebut sangatlah besar. Sehingga bentuk kepala burung garuda bisa dengan mudah di lihat dari kejauhan seperti dari pinggir pantai tanjung kelayang atau pulau Kepayang. Jangan mengira bentuk tersebut didapat dengan cara memahat atau membentuk batu tersebut secara sengaja oleh manusia. Bentuk tersebut terbentuk secara alami melalui proses erosi dan pengikisan selama jutaan tahun lamanya. Karena keunikannya tersebut pulau Batu garuda menjadi spot wajib saat berwisata ke Belitung.

Pulau batu garuda terletak di sebelah barat laut pulau Belitung. Untuk mengunjungi pulau ini anda perlu menyewa perahu dari pantai Tanjung Kelayang. Jarak pulau batu garuda sendiri tidak lah jauh dari pantai tanjung kelayang. Hanya sekitar 1km atau 10 menit menggunakan perahu nelayan.

Luas pulau batu garuda kurang lebih hanya setengah hektar dan sebagaian besar nya beruba batu-batu granit raksasa yang menjadi ciri khas kebanyakan pantai dan pulau di Belitung. Karena daratan pasir tidak begitu ada (terutama ketika air laut pasang) jadi perahu tidak bisa bersandar ke pulau ini. Tapi jangan khawatir  anda  tetap bisa menikmati keunikan pulau ini dengna beraktifitas di sekitar pulau. Aktifitas utama bisa kita lakukan adalah berfoto dari atas boat. Dengan latar belakang batu garuda. Snorkeling. Perairan di sekitar pulau batu garuda memiliki termbu karang yang bagus dan indah. Ada bisa sewa alat snorkeling atau membawa nya sendiri dari rumah. Selain itu anda juga bisa menyewa stand up paddle dan bermain disekitar pulau Batu Garuda.

Sewa standup padle di belitung
kegiatan standup padle di pulau batu garuda

 

Selain menyewa perahu sendiri anda juga bisa menggunakan paket wisata oneday trip hopping island. Yang di dalam itinerary perjalanan nya juga mencakup pulau batu garuda dan pulau – pulau di barat laut Belitung lainnya serperti :

  • Pulau kelayang
  • Pulau kepayang
  • Pulau batu berlayar
  • Pulau pasir
  • Pulau Lengkuas
  • Snorkeling Spot
  • Pulau Tukong

Pesona pulau batu garuda tidak hanya sampai disitu, pada malam hari anda akan melihat cahaya warna-warni yang menerangi pulau batu garuda yang berasal dari lampu tenaga surya. Pemerintah setempat telah memasang lampu tersebut menghasilkan cahaya warna-warni yang memukau dan menciptakan suasana yang dramatis dan memikat hati. Ini adalah tempat yang sempurna untuk berjalan-jalan romantis di malam hari di tepi pantai tanjung kelayang sambil menikmati keindahan pulau batu garuda dari kejauhan. atau menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp us