Sd Laskar Pelangi

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

SD Laskar Pelangi adalah sekolah dasar yang terletak di desa Gantung (“Gantong” dalam bahasa lokal), Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Aslinya sekolah ini bernama SD Muhammadiyah Gantung. Sebutan Laskar pelangi disematkan dari kesebelas murid nya yang dijuluki Laskar Pelangi oleh guru mereka sendiri.Sekolah ini terkenal karena menjadi inspirasi bagi novel dan film yang berjudul “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata, seorang penulis asli Belitung.

sd muhammadyah gantung
Sd Laskar Pelangi – wisatabelitung.net

 

SD Laskar Pelangi adalah sekolah yang sangat sederhana dan terletak di sebuah desa kecil di tengah tanah lapang berpasir. Sekolah nya hanya terbuat dari papan – papan reot dan atap seng yang sudah banyak yang bocor bila hujan tiba. Bahkan saking reot nya, pihak sekolah perlu mengganjal diding bagian samping sekolah dengan batang pohon agar tidak rubuh. Namun, berkat semangat dan dedikasi guru-guru serta anak-anaknya yang bersemangat belajar, sekolah tersebut berhasil menghasilkan banyak lulusan yang sukses dan berprestasi. Salah satunya adalah murid yang Bernama Andrea Hirata yang berhasil menempuh pendidikan sampai ke negara perancis melaui program bea siswa. Kemudan beliau juga lah yang menulis novel “Laskar Pelangi yang menceritakan perjuangan 11 murit di Sd Muhammadiyah Gantong untuk mempertahan kan sekolah yang mereka cintai.¬†

Cerita tentang SD Laskar Pelangi¬† dalam novel berjudul “Laskar Pelangi” yang diterbitkan pada tahun 2005 dan menjadi buku terlaris di Indonesia. Novel tersebut kemudian diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama pada tahun 2008 dan berhasil meraih berbagai penghargaan di Indonesia dan luar negeri.

Kini bagunan yang ada saat ini adalah Replikanya. Karena tentu saja sd laskar pelangi yang asli sudah tidak ada lagi. Nah kini sisa dari bagunan yang digunakan pada saat syuting film Laskar Pelangi menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang sedang belibur ke Belitung. Rasa penasaran mereka untuk merasakan bagai mana suasa belajar pada masa itu dengan segala keterbatasannya. Namun tetap dapat mendapatkan peresatasi yang membanggakan. 

So. bila kamu berlibur ke Pulau Belitung, jangan lupa untuk singgah ke Sd. Laskar Pelangi. untuk sekedar berfoto atau membeli cindera mata di sekitar lokasi. Berikan sebuah kesan bahawa kesuksesan bisa datang dari mana saja. Bahkan dari seorang anak kampung di desa terpencil dan sekolah yang miskin.

 

Tinggalkan Balasan

WhatsApp WhatsApp us