Daftar Objek Wisata Pantai di Pulau Belitung

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang terletak di Desa Keciput, Kec. Sijuk kab. Belitung Jarak pantai ini dari kota Tanjungpandan adalah 27,5 km. Yang unik dari pantai ini adalah pemandangan pulau Batu Garuda dari kejauhan,  Di Pantai Tanjung Kelayang banyak perahu – perahu wisata bersandar yang biasa digunakan untuk wisata hopping island, atau tour mengunjungi pulau-pulau kecil yang ada di sekitar pantai ini antara lain pulau Lengkuas, pulau Kepayang, pulau Batu Berlayar, pulau Kelayang, dan pulau Pasir. Jika anda ingin menyewa perahu hopping island dengan harga terbaik kami sarankan anda memesan melalui travel agen. Selain anda bisa mendapatkan harga yang bersaing, anda juga akan mendapatkan pelayanan dan fasilitas perahu yang dilengkapi life jacket demi keselamatan anda.

Pantai Tanjung Kelayang
Gambar Pantai Tanjung Kelayang dari Udara

 

Pantai Tanjung Tinggi

Asal mula nama pantai tanjung tinggi berasal dari kata “tanjung” yang artinya tanah atau batu – batu dan kata “tinggi” yang artinya tinggi yang sebenarnya. Jadi Tanjung tinggi artinya tanah atau batu – batu yang tinggi – tinggi atau besar – besar. Inilah yang menjadi ciri khas pantai tanjung tinggi. Karena di pantai ini terdapat banyak batu – batu yang besar – besar

Pantai ini dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi. Sebuah film yang di angkat dari novel tetralogi karya putra daerah belitung Andrea Hirata. Semenjak kemunculan film ini dan menjadi film dengan rekor penonton terbanyak sepanjang sejarah perfilman tanah air, pantai tanjung tinggi menjadi semakin populer dan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi wisatawan. Airnya yang jernih, pasir pantainya yang putih di tambah lagi dengan formasi gugusan batuan granit yang besar menjadikan pantai ini unik. Batu – batunya sangat besar sebesar gedung bertingkat.

Objek wiata pantai
Pantai Tanjung Tinggi

 

Lokasi pantai ini masih di desa Keciput Kec. Sijuk. Jarak yang di tempuh untuk mencapai lokasi ini adalah 30 km dari kota Tanjungpandan dan hanya berjarak 7,5 km dari pantai Tanjung Kelayang. Kedua pantai ini (Pantai tanjung tinggi dan pantai tanjung kelayang) dapat anda kunjungi dalam satu hari saja.

Pantai Tanjung Pendam

Berbeda dengan kebanyakan pantai yang ada dipulau Belitung yaitu di dominasi oleh pantai dengan pemandangan tumpukan batu – batu besar granit. Pantai tanjung pendam tidak lah demikian. Pantai ini biasa saja. Namun Yang menjadi kelebihan pantai ini adalah lokasinya yang berada di kota Tanjungpandan. Sehingga pantai ini sering dijadikan tempat nongkrong warga Tanjungpandan saat sore hari. Jika sore hari menjelang pantai ini memiliki pemadangan matahari terbenam (sunset) yang sangat indah. Takkalah bagus nya disaat pagi hari pantai ini menyajikan pemandangan aktifitas perahu nelayan hilir mudik melintasi perairan pantai untuk berangkat atau pulang memancing ikan.

Pantai Tanjung Pendam Belitung
suasana sore di pantai tanjung pendam
 
Pantai Bukit Berahu

Jika anda menginginkan suasana pantai yang dilengkapi dengan restoran yang bersih dan rapih namun dengan harga terjangkau pantai Bukit Berahu bisa menjadi pertimbangan anda. Pantai ini sudah lama di kelola oleh pengusaha lokal di belitung sejak belasan tahun silam sebelum film laskar pelangi booming di tanah air. 

Fasilitas yang ada di pantai ini terbilang cukup lengkap. Cotage, restoran, mini bar,  kolam renang air tawar dan juga tempat bilas yang nyaman tersedia di pantai ini. Jarak pantai ini berjarak 20,7 km dari Tanjunpandan

Pada sore hari anda bisa menyaksikan sunset. Hutan kecil di sekitar pantai juga menjadikan suasana asri di pantai ini cocok untuk anda bersantai sambil menikmati pemandangan pantai dari atas bukit. Terkadang beberapa ekor tupai hilir mudik melompat dari dahan ke dahan. Nampak nya tupai – tupai ini sudah biasa dengan keberadaan manusia. Dari kejauhan anda bisa melihat perahu – perahu bagan nelayan sedang mencari ikan. 

Pantai Penyabong

Sebuah batu utuh dengan panjang kurang lebih setengah kilo meter seperti terdampar di pantai ini. Inilah yang menjadi keunikan landscape pantai ini. Pantai penyabong berada di wilayan desa padang kandis kec. Membalong. Pada tahun 2019 akses utuk menuju pantai ini sudah di perbagus. Jalan aspal sepanjang 67,4 km bisa anda lalui dari kota Tanjungpandan. Namun sayang nya sampai saat tulisan ini dibuat fasilitas dipantai ini kurang lengkap. Hanya ada warung-warung sederhana yang di kelola masyarakat setempat dan itu pun tidak dibuka setiap hari. Namun keindahan pantai ini tidak menyurutkan niat siapapun orang yang akan berkunjung kepantai ini. Disikitar pantai terdapat banyak pohon pandan laut mirip pepohonan zaman purba dalam film – film. Suasana sepi dan pepohonan unik di tepi pantai membuat anda seperti berada pada zaman prasejarah. Anda penasaran bukan?