Lompat ke konten
Home » Blog » Ketahui Flora dan Fauna Khas Bangka Belitung

Ketahui Flora dan Fauna Khas Bangka Belitung

flora fauna khas bangka belitung

Apakah Anda sedang mencari info terkait flora fauna khas Bangka Belitung? Seperti provinsi-provinsi lain di Indonesia, Bangka Belitung juga memiliki flora dan fauna yang diangkat sebagai Identitas Provinsi Bangka Belitung. Pemilihan flora dan fauna khas tentunya didasarkan pada berbagai pertimbangan.

Mari mengenal lebih dekat dengan flora dan fauna khas Bangka Belitung. Yaitu Nagasari (Palaquium rostratum) dan Mentilin (Tarsius bancanus), yang merupakan identitas tumbuhan dan binatang khas provinsi ini. Untuk memperdalam pengetahuan tentang keanekaragaman hayati Bangka Belitung, ayo simak artikel ini sampai selesai!

Mengenal Flora dan Fauna Khas Bangka Belitung

Flora secara sederhana merujuk pada tanaman, sementara fauna mengacu pada hewan. Lebih secara umum, flora mencakup semua jenis tumbuhan dan tanaman yang ada di bumi, sedangkan fauna mencakup berbagai jenis hewan yang hidup di planet ini. Berikut ini penjelasan lengkap flora fauna khas Bangka Belitung:

Nagasari, Flora Khas Bangka Belitung

Nagasari (Palaquium rostratum) merupakan tumbuhan yang asli dari Bangka Belitung, meskipun tidak endemik. Tumbuhan ini dapat ditemui secara alami di Jawa, Kalimantan, Sumatera, Kepulauan Sunda Kecil, Sulawesi, dan Maluku di Indonesia, serta Thailand dan Malaysia.

Nagasari juga dikenal dengan sebutan Nyatuh Pucung atau Nyatoh Pisang. Dalam bahasa Inggris, tumbuhan ini dikenal sebagai Gutta percha. Nama latinnya adalah Palaquium rostratum (Miq.) Burck. Nagasari merupakan tumbuhan yang besar, bisa mencapai ketinggian 30 meter dengan diameter batang mencapai 120 cm.

Nagasari memiliki batang yang lurus dan bulat dengan kulit tipis yang lebar. Kayunya berwarna coklat kemerahan, mengkilap, memiliki serat yang indah, dan ringan. Buah nagasari berwarna hijau, berbentuk memanjang, dan berisi biji yang juga memanjang. Pohon nagasari umumnya banyak tumbuh di hutan tropis dan sering ditemukan di hutan rawa. Perkembangbiakan pohon ini dilakukan melalui bijinya.

Tumbuhan ini berasal dari keluarga sawo-sawoan (Sapotaceae) dan kayunya dimanfaatkan dalam berbagai keperluan seperti pembuatan lantai, mebel, perabot rumah tangga, dan perahu. Buah Nagasari dapat dikonsumsi dan bijinya mengandung banyak lemak yang berguna untuk keperluan memasak.

Selain itu, bunga Nagasari dapat dimanfaatkan sebagai obat anti-diare, ekspektoran, aromatik, dan untuk mengatasi gangguan jiwa. Minyak biji Nagasari digunakan dalam berbagai keperluan seperti sebagai bahan bakar lampu, obat koreng. Mengurangi rasa gatal pada kulit, mengatasi encok, mengobati eksim, menyembuhkan urat darah yang membesar, serta sebagai bahan untuk mengatasi sakit panas.

Nagasari juga terkenal sebagai salah satu jenis kayu yang diyakini memiliki kekuatan mistis. Beberapa orang meyakini bahwa kayu ini memiliki manfaat untuk keselamatan, kewibawaan, pengobatan, perlindungan terhadap orang dan jin jahat, binatang berbisa, serta sebagai anti tenung.

Dari banyaknya khasiat dan keunikannya, tidak heran jika provinsi Bangka Belitung memilih Nagasari sebagai tumbuhan khas mereka.

Baca Juga: Mengenal Kota Belitung dan 8 Julukannya

Mentilin, Fauna Khas Bangka Belitung

Mentilin juga dikenal sebagai Tarsius Bangka, adalah salah satu jenis tarsius yang ditemukan di Indonesia. Nama ilmiahnya adalah Tarsius bancanus Horsfield, 1821, yang juga dikenal sebagai Tarsius natunensis Chasen, 1940. Dalam bahasa Inggris, mereka dikenal sebagai Horsfield’s Tarsier, Western Tarsier, atau Horsfield’s Tarsier. Di Indonesia, mereka juga sering disebut sebagai Tarsius Bangka.

Binatang primata kecil ini memiliki empat subspesies yang berbeda. Yaitu Tarsius bancanus saltator (endemik pulau Belitung), Tarsius bancanus natunensis (di Kepulauan Natuna). Tarsius bancanus borneanus (ditemukan di Kalimantan – Indonesia, Brunei, dan Malaysia), dan Tarsius bancanus bancanus (hidup di Sumatera dan Bangka).

Ukuran mereka kecil, dengan panjang tubuh berkisar antara 12-15 cm dan berat sekitar 128 gram. Seperti kebanyakan tarsius, Mentilin atau Tarsius Bangka aktif pada malam hari. Mereka telah diidentifikasi sebagai Fauna Identitas atau hewan khas Provinsi Bangka Belitung.

Nah itulah flora fauna khas Bangka Belitung yang menjadi identitas provinsi ini. Setelah mengetahui flora fauna khas Bangka Belitung, mungkin Anda juga tertarik untuk menjelajahi destinasi wisatanya yang indah dan mempesona. Anda bisa menggunakan jasa and tour terpercaya.

Baca Juga: Apa Nama Rumah Adat di Bangka Belitung?

Jasa Tour and Travel Wisata Belitung

Jika Anda tengah menginginkan liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan, Pulau Belitung bisa menjadi pilihan sebagai destinasi yang cocok untuk dijelajahi. Pulau ini tak hanya menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Tetapi juga menyuguhkan nuansa yang menyegarkan bagi para pelancong yang haus akan petualangan.

Untuk memastikan bahwa liburan Anda berjalan dengan lancar dan tak terlupakan, kami dengan bangga menghadirkan layanan tour and travel yang terpercaya dan berpengalaman. Dengan menggunakan layanan tour kami, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan Belitung dengan lebih maksimal. Melainkan juga mendapatkan penawaran harga terbaik yang tak dapat Anda temukan di tempat lain.

Kami senantiasa menawarkan beragam promo menarik yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan liburan Anda di Belitung. Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam industri pariwisata Pulau Belitung, tim profesional kami siap memberikan panduan dan bimbingan yang tepat selama perjalanan Anda.

Pemesanan paket wisata Belitung kami sangatlah mudah. Anda hanya perlu menghubungi kami melalui nomor yang tertera di website ini. Tim kami akan dengan senang hati membantu Anda merencanakan liburan yang sempurna di Pulau Belitung. Dengan menggunakan layanan tour wisata Belitung kami, Anda dapat menikmati setiap detik perjalanan Anda dengan ketenangan pikiran dan kepuasan yang tak terbandingkan.

Anda dapat menjelajahi berbagai destinasi wisata yang Anda idamkan. Mulai dari keindahan pantai-pantai yang memukau, museum yang menarik, hingga menikmati pesona danau bekas tambang timah.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat memuaskan selera kuliner Anda dengan menjelajahi ragam kuliner lokal yang khas dan lezat. Semua pengalaman tak terlupakan ini dapat Anda rasakan dengan menggunakan layanan tour wisata Belitung kami.