Kondisi pariwisata belitung ditengah pandemi Covid -19

informasi covid19 belitung

Ditengah pandemi covid19 seluruh dunia saat ini tengah mengalami situasi yang sangat sulit, Sejak kasus pertama kali virus ini ditemukan diwuhan pada desember 2019. Kemudian dengan mudahnya virus ini menyebar keberbagai negara termsuk negri kita tercinta Indonesia. 

Semenjak kasus pertama pasien positif covid19 di Indonesia. Pemerintah lalu mengeluarkan kebijakan social distancing, hal ini tentu saja berdampak pada aktivitas perekonomian ditahah air. Salah satu yang merasakannya adalah industri pariwisata. 

Sebelumnya sampai tanggal 29 maret 2020 provinsi kep. bangka belitung masih dinyatakan sebagai zona hijau. Hingga pada tanggal 30 maret 2020 pukul 15.30 sore bupati Belitung H. Sahani Saleh melalui konferensi pers secara resmi mengumumkan bahwa telah ada satu pasien PDP (Pasien dalam pengawasan) yang positf covid 19. Setelah pengumuman ini pemda semakin gencar mensosialisasikan untuk tetap patuh pada himbauan pemerintah agar warga sebisa mungkin menghindari keluar rumah kecuali untuk urusan yang sangat penting. 

Saat ini Industri pariwsiata dipulau Belitung sedang lesu akibat dari pandemi covid 2019. Sejumlah kebijakan pun dilakukan oleh pemda Belitung untuk mencegah menyebarnya kasus ini di bumi serumpun sebalai (baca : belitung). Salah satunya adalah pengurangan jumlah penerbangan perharinya. Yang tadi nya penerbangan jakarta – belitung dalam sehari bisa mencapai 7 penerbangan sehari kini dikurangi hanya tinggal satu penerbangan sehari. Kebijakan lainnya yang masih menjadi kontroversi adalah penggunaan gelang orange pada setiap pengunjung yang baru turun dari pesawat jakarta – belitung. Mereka yang belum mengetahui kebijakan ini agak terkejut. Dikarenakan penggunaan ini ditujukan untuk mengawasi pergerakan orang tersebut. Mereka tidak diperkenankan untuk melakukan aktivitas perjalanan kemana – mana. Hal ini tentu akan mengurangi kenyamanan pengunjung yang datang. Bagai mana kalau sebaliknya. Jika orang tersebut pulang kejakarta atau orang belitung yang naik pesawat kejakarta. Apakah pemkot DKI akan menggunakan cara yang sama? 

Namun kebijakan adalah kebijakan yang bertujuan untuk kepentingan masyarakat. Sebagai warga negara yang baik ada baiknya kita tetap mengikuti prosedur yang telah ditetapkan pemerintah. Kami team belitung mania pun menghimbau kepada pelangan kami untuk menahan keinginan nya untuk berwisata kepulau Belitung hingga situasi dan kondisi sudah kondusif. Kita berdo’a agar pandemi ini cepat berlalu. Hingga kita kembali beraktivitas seperti sediakala. aamiin… Salam Wisata… 

WhatsApp chat