Lompat ke konten
Home » Blog » 15 Wisata Belitung Timur yang Wajib Dikunjungi

15 Wisata Belitung Timur yang Wajib Dikunjungi

wisata belitung timur

Wisata Belitung Timur menawarkan pengalaman liburan yang menarik bagi para wisatawan. Belitung Timur adalah kabupaten yang terletak di Provinsi Bangka Belitung, menjadi destinasi wisata yang patut dikunjungi. Keunikan Belitung Timur tidak hanya terletak pada pesona alamnya, tetapi juga pada kisah yang melingkupinya.

Daerah ini menjadi latar tempat untuk film terkenal, Laskar Pelangi sehingga menambah daya tariknya. Keindahan tempat yang tertuang dalam film tersebut mencerminkan pesona alam Belitung Timur. Dengan berbagai tempat wisata populer, kabupaten ini menjadi tujuan wajib bagi para pengunjung yang ingin mengeksplor keindahan alam dan menikmati cerita yang melekat pada setiap sudutnya.

Wisata Belitung Timur yang Wajib Dikunjungi

Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui bahwa Belitung terkenal dengan keindahan pantainya yang menakjubkan. Begitu pula dengan Belitung Timur yang tidak kalah menarik dengan panorama pantainya.

Meskipun pantai menjadi daya tarik utama, Belitung Timur juga menawarkan pesona lainnya yang tidak dapat ditemui di tempat lain. Berikut adalah 15 tempat wisata Belitung Timur yang harus Anda kunjungi saat berlibur ke Belitung:

1. Vihara Dewi Kwan Im

Salah satu destinasi menarik yang layak dikunjungi di Belitung Timur adalah Vihara Dewi Kwan Im, yang terletak di Burong Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur. Tempat ini mempesona dengan keindahan arsitektur vihara yang konon didatangkan langsung dari Tiongkok menggunakan kontainer.

Selain menjadi surga bagi penggemar fotografi, Vihara Dewi Kwan Im juga menyimpan kisah menarik yang patut untuk di jelajahi lebih dalam. Anda dapat menikmati arsitektur khas Vihara Dewi Kwan Im yang unik dan cantik.

2. Pantai Punai

Destinasi wisata Belitung Timur berikutnya yang patut dikunjungi adalah Pantai Punai, terletak di Tanjung Kelumpang, Kecamatan Dendang. Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, dengan jarak sekitar 86 km dari Bandara Hanandjoeddin. Pantai ini memukau dengan pasir putihnya dan pemandangan alam yang memikat.

Selain itu, garis pantai Pantai Punai dipenuhi dengan pepohonan rindang yang menambah keindahan panorama. Keberadaan pepohonan ini tidak hanya memberikan kesejukan, tapi juga menciptakan latar belakang foto yang memukau untuk mengabadikan momen-momen berharga Anda.

3. Museum Kata Andrea Hirata

Salah satu destinasi wisata yang menarik di Belitung Timur adalah Museum Kata Andrea Hirata. Tempat wisata ini berlokasi di Lenggang, Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Museum ini menampilkan koleksi foto-foto dari film Laskar Pelangi, beberapa sekuel dari novel karya Andrea Hirata, serta rangkaian kata-kata indah ciptaan Andrea Hirata. Tidak hanya itu, keunikan bangunan museum ini juga menjadi daya tarik tersendiri, yang patut diabadikan dalam momen perjalanan liburan Anda di Belitung.

4. Pantai Nyiur Melambai

Tempat wisata Belitung Timur yang berikutnya untuk Anda kunjungi adalah Pantai Nyiur Melambai di Kampung Lalang Manggar. Pantai ini menawarkan keindahan pasir putih yang memukau, di mana Anda dapat menikmati deburan ombak dan pesona alam yang memikat dengan akses yang sangat mudah.

Pantai Nyiur Melambai tidak hanya menjadi destinasi wisata belitung, tetapi juga masih digunakan oleh para nelayan untuk mencari ikan. Selain itu, pantai ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, termasuk toilet, mushola, dan tempat makan. Keunggulan lainnya adalah Anda dapat menikmati keindahan pantai ini secara gratis.

5. Pulau Buku Limau

Destinasi wisata selanjutnya di Belitung Timur yang layak Anda kunjungi adalah Pulau Buku Limau yang terletak di Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini dikenal dengan keindahan terumbu karangnya yang masih alami.

Berbagai kegiatan menarik dapat Anda lakukan di Pulau Buku Limau, termasuk menyelam dan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk menikmati kuliner khas Bugis yang legendaris dan lezat di pulau ini.

6. Open-Pit Lead Mining

Salah satu destinasi menarik di Belitung Timur yang tidak boleh dilewatkan adalah Open-Pit Lead Mining. Lokasinya terletak di Kampong Gunong, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung. Tempat ini merupakan bekas tambang timah yang telah menjadi kawasan wisata lubang besar bawah tanah.

Open-Pit Lead Mining menawarkan berbagai kegiatan wisata yang mengasyikkan, seperti susur goa, rock climbing atau panjat tebing, camping, dan bermain ATV. Selain itu, tempat ini juga memberikan kesempatan untuk mengabadikan momen indah dengan aktivitas fotografi, karena pemandangannya memukau.

7. Warung Kopi Manggar

Selain destinasi yang cocok untuk berfoto dan rekreasi, pengalaman wisata selanjutnya di Belitung Timur adalah Warung Kopi Manggar. Kota Manggar telah diresmikan oleh pemerintah sebagai kota dengan sebutan “1001 Warung Kopi,” sehingga di sini Anda akan menemukan sejumlah besar warung kopi yang berjejer.

Tak hanya itu, Belitung juga terkenal dengan kopi khasnya yang patut dicoba. Rasa kopinya tentu berbeda dengan kopi-kopi pada umumnya. Sebagai bukti apresiasi terhadap budaya kopi, Manggar bahkan pernah meraih rekor MURI pada tahun 2009 karena menyelenggarakan acara di mana 17.070 orang minum kopi secara bersamaan.

8. Wisata Laskar Pelangi

Destinasi wisata yang sangat terkenal di Belitung Timur adalah SD Muhammadiyah Gantong, yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Keistimewaan bangunan SD ini terletak pada lokasinya yang berada di lapangan berpasir putih dan konstruksi bangunannya yang terbuat dari kayu.

Saat berkunjung ke tempat ini, Anda dapat mengabadikan momen dengan berfoto di lokasi yang mirip dengan adegan dalam film Laskar Pelangi. SD Muhammadiyah Gantong terletak di Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

9. Kampoeng Ahok

Berdekatan dengan Museum Kata Andrea Hirata, Anda dapat mengunjungi Kampoeng Ahok yang tidak memiliki nuansa politis. Kampoeng ini merupakan replika rumah panggung tradisional Belitung yang dapat diakses secara gratis, bahkan tidak ada tukang parkir.

Di dalam rumah panggung tersebut, Anda akan menemukan perabotan seperti kursi, meja, dan lemari. Hiasan dindingnya berisi foto-foto dan karikatur Ahok. Sejumlah meja menyajikan makanan khas Belitung, mulai dari kue basah, kue kering, hingga keripik. Selain itu, terdapat penjualan souvenir Kampoeng Ahok seperti magnet kulkas, gantungan kunci, dan batik.

10. Pantai Serdang

Pantai Serdang atau yang akrab disebut Panser oleh penduduk setempat terletak di tengah Kota Manggar dan berdekatan dengan pasar modern Lipat Kajang. Jaraknya dari Bandara H AS Hanandjoeddin adalah sekitar 80,5 km.

Keindahan pantai ini ditandai oleh garis pantai yang panjang dengan pasir putih lembut dan air laut beragam warna, mulai dari hijau muda hingga biru tua. Pohon pinus yang tumbuh sepanjang pantai menambahkan nuansa teduh dan menawan.

Pantai ini juga dilengkapi dengan warung-warung yang menyajikan makanan dan minuman khas daerah. Kondisi pantai yang landai membuatnya ideal untuk berenang dan snorkeling, sehingga cocok sebagai destinasi rekreasi keluarga. Selain itu, kegiatan memancing juga dapat dinikmati karena pantai ini berdekatan dengan muara yang mengarah ke sebuah danau.

11. Rumah Keong

Dermaga Kirana, dikenal juga sebagai Rumah Rotan atau Rumah Keong, salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Belitung Timur. Terletak di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, dermaga ini berada di seberang Replika SD Muhammadiyah Gantong.

Rumah Keong dibangun di atas kolong, sebuah kolam bekas penambangan timah yang menjadi ciri khas masyarakat Bangka Belitung. Destinasi ini memukau dengan paduan arsitektur rotan yang unik dan keindahan alam Desa Lenggang.

Pengunjung akan disambut oleh pemandangan pegunungan yang indah di kejauhan, air danau yang jernih, dan tumbuhan yang menambah kealamian tempat ini. Bangunan bulat seperti keong, terbuat dari anyaman rotan, menjadi tempat nyaman untuk beristirahat dan melindungi diri dari sinar matahari.

12. Bukit Pangkuan

Bukit Pangkuan, berlokasi di Desa Mentawak, Kabupaten Belitung Timur, adalah destinasi agrowisata yang menawarkan pengalaman unik. Untuk mencapainya dari ibu kota Kabupaten Belitung Timur, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 40 km selama 50 menit. Namun, jika Anda berasal dari Kota Tanjung Pandan, jarak yang harus ditempuh adalah sekitar 52 km dengan durasi perjalanan sekitar satu jam.

Destinasi wisata Belitung Timur ini menyajikan keindahan alam dan perbukitan yang menawan, disertai dengan udara sejuk yang menyegarkan. Selain menikmati pemandangan alam, pengunjung juga dapat merasakan sensasi permainan outbound yang dapat melatih adrenaline.

Bukit Pangkuan terletak di atas perbukitan dengan ketinggian mencapai 200 meter di atas permukaan laut. Suhu udara rata-rata di lokasi ini berkisar antara 22 hingga 28 derajat Celcius pada siang hari. Ini memberikan pengalaman liburan yang nyaman dan menyenangkan bagi para pengunjung.

13. Bendungan Pice Besar

Bendungan Pice besar merupakan tempat wisata Belitung Timur dari peninggalan bersejarah dari masa pemerintahan Belanda. Dibangun antara tahun 1934 hingga 1936, bendungan ini awalnya difungsikan untuk mengatur tingkat air di kawasan ini, memudahkan kapal keruk dalam melakukan eksplorasi di sekitar wilayah tersebut.

Terletak di bagian hulu Sungai Lenggang, Bendungan Pice berada di Desa Cangguh, berdekatan dengan kantor PT Timah di Kawasan Gantong, Belitung Timur. Dengan panjang sekitar 50 meter, bendungan ini dilengkapi dengan 16 pintu air, masing-masing memiliki ukuran 2,5 meter. Selain itu, bendungan ini dilengkapi dengan sebuah jembatan yang memfasilitasi akses masyarakat menuju Desa Cangguh.

14. Pantai Tambak

Tempat wisata Belitung Timur yang populer dan wajib Anda kunjungi adalah Pantai Tambak.  Berlokasi di Desa Sukamandi, terdapat Pantai Tambak yang memiliki garis pantai terpanjang di sepanjang Kabupaten Belitung Timur. Pantai ini memancarkan pesona yang tak kalah menarik dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya.

Tidak dikenakan biaya masuk untuk menikmati keindahan Pantai Tambak. Pengunjung hanya diminta untuk menjaga kebersihan pantai, terutama jika merencanakan kegiatan berkemah. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Tambak adalah pagi atau sore hari. Pada saat itu, udara masih sejuk, dan Anda dapat menikmati momen romantis seperti matahari terbit dan terbenam.

15. Bukit Samak

Dulu, Bukit Samak dikenal sebagai perumahan eksklusif untuk orang-orang Belanda dan eksekutif perusahaan timah. Dengan panorama menghadap laut yang memukau, kini kawasan ini menjadi destinasi wisata Belitung Timur yang memikat pengunjung untuk menikmati keindahan alam.

Pendopo-pendopo yang tersebar di sekitar area ini menjadi tempat ideal bagi para pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati suasana. Perjalanan menuju Bukit Samak menantang dengan jalan berliku dan menanjak, diapit oleh pepohonan yang memberikan nuansa alami di sepanjang perjalanan.

Tinggalkan Balasan