Lompat ke konten
Home » Blog » 15 Tempat Wisata Belitung Selain Pantai

15 Tempat Wisata Belitung Selain Pantai

wisata belitung selain pantai

Wisata Belitung selain pantai bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin berlibur ke Belitung. Belitung, sebuah pulau besar di Kepulauan Bangka Belitung, menawarkan tempat wisata yang tak terlupakan. Selain menjelajahi keindahan pantainya yang memikat, Anda juga dapat mengeksplorasi tempat-tempat wisata menarik di sekitarnya, termasuk pulau Bangka.

Kepulauan Bangka Belitung dikenal akan panorama pantainya yang memukau. Namun, untuk mengatasi kejenuhan dari suasana pantai, jangan lewatkan kunjungan ke berbagai destinasi wisata menarik di Belitung dan sekitarnya yang tak hanya berkaitan dengan pantai. Apa saja tempat wisata Belitung selain pantai yang wajib dikunjungi? Yuk cek infonya di artikel ini!

Tempat Wisata Belitung Selain Pantai

Meskipun pantai merupakan destinasi wisata yang indah bagi banyak orang, namun liburan Anda di Belitung dapat diperkaya dengan mengunjungi tempat-tempat menarik selain pantai. Di Belitung, keindahan wisata tidak hanya terbatas pada pantai, tetapi masih banyak destinasi menarik lain yang dapat dinikmati.

Jadi, jika Anda berlibur ke Belitung, jangan ragu untuk menjelajahi beragam tempat wisata yang memikat selain Pantai seperti tempat wisata berikut ini:

1. Danau Kaolin

Danau Kaolin adalah salah satu wisata Belitung yang menjadi tempat wisata Belitung selain pantai yang bisa Anda kunjungi. Berbeda dengan danau-danau lainnya, Danau Kaolin di Belitung menampilkan permukaan berwarna biru menyala yang mempesona, yang kontras dengan daratan putih di sekitarnya.

Bagi Anda yang tertarik dalam fotografi, tempat wisata ini jelas layak dimasukkan ke dalam daftar tujuan liburan Anda, karena keindahannya yang sangat Instagramable. Selain itu, Danau Kaolin memiliki keunikan tambahan dengan kandungan mineralnya yang melimpah, seringkali digunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik.

Banyak yang meyakini bahwa mencuci muka atau berenang di danau ini dapat memberikan manfaat positif bagi kecantikan kulit. Dengan demikian, Danau Kaolin tidak hanya menawarkan pemandangan yang menakjubkan tetapi juga pengalaman unik yang berhubungan dengan keindahan alam dan perawatan kulit.

2. Bukit Pangkuan

Bukit Pangkuan merupakan destinasi wisata Belitung selain pantai yang sangat cocok untuk dikunjungi oleh keluarga. Tempat ini tidak hanya memikat dengan keindahan alamnya, tetapi juga menyuguhkan berbagai kegiatan menarik untuk dieksplorasi.

Sebagai tempat agrowisata, Bukit Pangkuan mengajak setiap pengunjung untuk terlibat langsung dalam proses panen buah-buahan yang telah matang. Mulai dari rambutan, melon, kelengkeng, jambu, hingga sirsak, semuanya dapat ditemukan dan diambil sendiri oleh para pengunjung yang berkunjung ke Bukit Pangkuan.

Inilah yang membuatnya menjadi destinasi wisata yang unik di Belitung dan Bangka. Menjadikannya pilihan yang tepat bagi keluarga yang ingin menggabungkan keindahan alam dengan kegiatan menyenangkan dan edukatif.

3. Museum Timah

Didirikan pada tahun 1997 oleh PT Timah Tbk. Museum Timah di Bangka Belitung menjadi destinasi menarik bagi para wisatawan yang ingin mengeksplor seluk-beluk industri pertambangan timah di Indonesia khususnya di Bangka Belitung.

Terletak dekat dengan Kota Pangkalpinang, museum ini tidak hanya menyimpan berbagai koleksi alat proses penambangan timah, dari yang tradisional hingga modern. Tapi juga menampilkan foto dokumentasi yang mencakup sejarah pertambangan di Indonesia.

Selain pantai yang menjadi daya tarik utama, Museum Timah dapat menjadi opsi menarik bagi para pengunjung yang ingin menyaksikan Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara. Dengan demikian, museum ini tidak hanya menjadi tempat bersejarah yang edukatif, tetapi juga menjadi bagian integral dari pengalaman wisata di Bangka Belitung.

4. Pagoda Vihara Puri Tri Agung

Pagoda Vihara Puri Tri Agung menjadi tempat wisata Belitung selain Pantai yang wajib Anda kunjungi. Tempat wisata ini memiliki daya tariknya sendiri yaitu arsitektur bangunannya yang memukau. Pura ini, yang baru diresmikan pada tahun 2015, semakin populer di kalangan wisatawan.

Terletak di Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka, di kawasan Pantai Tikus, pagoda ini menjadi tujuan favorit tidak hanya karena arsitekturnya yang menawan. Melainkan karena lokasinya yang strategis. Dari puncak pagoda, para wisatawan dapat menikmati pemandangan indah Pantai Tikus yang memiliki garis pantai panjang, pasir lembut, dan air yang jernih.

5. Batu Mentas

Batu Mentas adalah bagian dari Hutan Lindung Gunung Tajam di Belitung. Udara di objek wisata ini tidak hanya sejuk, tetapi juga menyegarkan karena alam di sekitarnya masih sangat terjaga dan asri. Batu Mentas menjadi tempat wisata Belitung selain pantai  yang dapat Anda kunjungi.

Kawasan hutan lindung ini menawarkan pengalaman bertemu dengan berbagai jenis satwa. Termasuk Tarsius (Cephalus Bancanus Saltator) yang dikenal sebagai Pelile’an oleh warga setempat. Selain itu, objek wisata di Belitung ini juga berperan sebagai kawasan konservasi rusa, menambah daya tarik bagi para wisatawan yang mencari pengalaman alam yang unik dan beragam.

Baca Juga: 5 Pantai Belitung Terbaik yang Mempesona

6. Bukit Menumbing

Bukit Menumbing menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan apabila Anda ingin menikmati wisata Belitung selain pantai. Tempat wisata Bukit Menumbing memiliki nilai sejarah yang signifikan sebagai tempat pengasingan para pahlawan kemerdekaan.

Terletak di wilayah Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, dengan ketinggian mencapai 355 meter di atas permukaan laut. Bukit ini menjadi tempat berdirinya Wisma Menumbing atau Pesanggrahan Menumbing. Puncak bukit ini menjadi saksi bisu pengasingan Soekarno, Mohammad Hatta, dan tokoh-tokoh lainnya pada masa perjuangan kemerdekaan.

Menjelajahi ruang Wisma Ranggang di bukit ini merupakan cara yang menyenangkan untuk mengenal lebih dalam sejarah Bung Karno. Untuk mengenang jasa Bung Karno terhadap Republik, Tugu Proklamasi ini berdiri megah di halaman Wisma Ranggang, menambah kekayaan sejarah dan makna bagi para pengunjung.

7. Bukit Berahu

Bukit Berahu merupakan salah satu destinasi wisata di Belitung yang wajib dikunjungi. Terutama bagi wisatawan yang menginginkan pengalaman santai namun tetap ingin menikmati keindahan alam Belitung. Wisatawan dapat memilih Bukit Berahu sebagai destinasi utama mereka di Belitung.

Kawasan ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk restoran dan villa untuk menginap, yang dilengkapi dengan sarana rekreasi seperti kolam renang. Keunikan Bukit Berahu terletak pada lokasinya yang berada di dataran tinggi.

Ini tentu saja memberikan pengunjung kesempatan untuk menikmati panorama indah pantai dan laut Belitung dari kejauhan, menciptakan pengalaman wisata yang lebih seru dan berkesan.

8. Bukit Peramun

Bukit Peramun adalah destinasi wisata di Belitung dengan menawarkan kekayaan satwa endemik yang unik. Pengunjung dapat menikmati hamparan pepohonan hijau dan berbagai fasilitas menarik. Termasuk jembatan merah sebagai jalur penyeberangan ke desa sebelah, mobil terbang, dan atraksi lainnya.

Salah satu daya tarik utama di tempat wisata ini adalah keberadaan Tarsius, hewan mungil yang lucu dengan mata besar. Pengunjung dapat menemukan Tarsius ini saat menjelajahi bukit setinggi sekitar 129 meter, dengan waktu pendakian sekitar 30 menit.

9. Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata adalah destinasi unik untuk mengeksplorasi warisan seni dan budaya. Tempat wisata ini memiliki daya tarik dengan menawarkan koleksi film Laskar Pelangi dan berbagai karya lainnya dari Andrea Hirata.

Pengunjung dapat merasakan keistimewaan museum ini melalui pengalaman mendengarkan musik yang disajikan oleh seniman-seniman lokal Belitung. Sejak berdiri pada tahun 2010, Museum Kata Andrea Hirata telah menjadi pusat pengetahuan dan inspirasi bagi para pengunjung yang ingin lebih memahami warisan seni dan budaya kawasan ini.

10. Hutan Pelawan

Hutan Pelawan dapat menjadi destinasi wisata Belitung selain pantai yang bisa Anda kunjungi. Tempat wisata ini menawarkan pengalaman unik dengan memperlihatkan pepohonan Pelawan berbatang kayu merah yang langka.

Provinsi Bangka Belitung beruntung menjadi rumah bagi pohon Pelawan yang endemik, menjadikannya destinasi yang menarik bagi wisatawan mancanegara. Keistimewaan ini membuat hutan ini menjadi favorit di antara destinasi wisata di dua pulau ini.

11. Bangka Botanical Garden (BBC)

BBC terletak di daerah Ketapang, Kecamatan Air Itam, Kota Pangkalpinang, menjadi destinasi wisata yang sangat menarik di Pulau Bangka. Dengan luas lahan mencapai 300 hektar, BBC tidak hanya menjadi ikon agrowisata. Namun juga berfungsi sebagai penyejuk di tengah kerusakan lingkungan akibat galian tambang timah yang banyak terjadi di sekitar Bangka.

Selain menawarkan pemandangan hutan pinus yang cantik, BBC juga memberikan pemandangan yang menarik terhadap bekas penggalian timah di Pulau Bangka. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan suasana yang tenang di tengah-tengah lingkungan yang mungkin telah terpengaruh oleh dampak pertambangan.

Dengan demikian, BBC menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi Anda yang ingin merasakan keindahan alam sambil menyadari pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem.

12. Red Hill, Danau Ampar

Danau Ampar bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menikmati wisata belitung selain pantai. Kabupaten Bangka, tempat di mana Danau Ampar terletak, juga menawarkan keindahan alam yang unik, seperti “Red Hill” di sekitarnya.

Red Hill menampilkan panorama bebatuan dengan warna merah bata yang menakjubkan, menciptakan pemandangan yang luar biasa. Keistimewaan tambahan adalah keberadaan Danau Ampar yang mempercantik suasana di tengah bebatuan merah bata tersebut.

Ini memberikan pengalaman seru dan memukau bagi para pengunjung yang ingin mengeksplorasi pesona alam Pulau Bangka secara lebih mendalam.

Baca Juga: Wisata Belitung Timur yang Wajib Dikunjungi

13. SD Laskar Pelangi

SD Laskar Pelangi merupakan bangunan yang awalnya didirikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi. Meskipun SD Muhammadiyah Gantong aslinya sudah tidak berdiri lagi dan berlokasi di pinggir pantai Belitung Timur. Namun sekarang telah dibangun replikanya yang megah oleh sutradara Riri Riza.

Replika ini dilengkapi dengan pasir pantai putih, menciptakan suasana sekolah seperti yang terlihat dalam film Laskar Pelangi. Bagi Anda yang ingin mengunjungi SD Laskar Pelangi. Maka Anda dapat menikmati nuansa sekolah yang terkenal melalui film tersebut dan berkesempatan untuk berswafoto di tempat ini.

Meskipun perlu menempuh perjalanan selama hampir 2 jam dari Bandara Belitung untuk mencapai lokasi ini. Tapi pengalaman unik yang ditawarkan oleh replika SD Laskar Pelangi membuat perjalanan tersebut menjadi layak dan berkesan.

14. Danau Open Pit

Ingin mengunjungi wisata Belitung selain pantai, Anda bisa berkunjung ke Danau Open Pit. Pulau-pulau di Kepulauan Belitung terkenal dengan aktivitas galian tambang timah, dan beberapa danau bekas galian tersebut, berbentuk kawah yang menarik, menjadi daya tarik wisata.

Terletak di daerah Belitung Timur, Danau Open Pit merupakan salah satu bekas galian tambang timah yang terkenal. Kawah besar dan berwarna hijau serta gua bekas penambangan menciptakan pemandangan yang unik dan memukau.

Keunikan dan keindahan Danau Open Pit ini membuatnya masuk dalam bagian Geopark Belitung, menambah nilai kearifan lokal dan keindahan alam yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

15. Tugu Satam

Tugu Satam terletak di pusat kota Tanjung Pandan, tepatnya di simpang Lima. Tugu ini menampilkan ikon berupa batu berwarna hitam di bagian atasnya, merepresentasikan jenis batu Satam yang dapat ditemukan di Belitung.

Anda dapat menikmati momen berfoto di depan tugu yang unik ini, kemudian melanjutkan petualangan kuliner atau berbelanja oleh-oleh di toko-toko sekitar monumen. Dengan mengeksplorasi sekitar Tugu Satam, Anda dapat merasakan nuansa lokal sambil menikmati keindahan ikon batu hitam yang menjadi daya tarik khusus dari destinasi ini.

Jika Anda tertarik ke tempat ini, kami menyediakan paket wisata belitung yang bisa Anda pilih! Paket ini bersifat private tour, artinya Anda bisa melakukan liburan secara mandiri tanpa ada group lainnya yang tergabung dengan Anda!

Tinggalkan Balasan