Lompat ke konten
Home » Blog » Bangka Belitung Terkenal dengan Apa Saja?

Bangka Belitung Terkenal dengan Apa Saja?

bangka belitung terkenal dengan

Bangka Belitung terkenal dengan destinasi wisatanya yang indah, sehingga menjadikan Bangka Belitung sebagai salah satu pulau yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Selain itu, Bangka belitung juga dikenal dengan provinsi penghasil Timah terbesar di dunia.

Menariknya, timah dari Bangka Belitung digunakan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan smartphone di seluruh dunia. Dengan segudang keindahan alam dan sumber daya alamnya yang melimpah, Bangka Belitung menyimpan fakta-fakta unik yang menarik untuk diketahui.

Bangka Belitung Terkenal Dengan?

Kepulauan Bangka Belitung merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, serta ratusan pulau kecil lainnya. Total pulau yang telah diberi nama mencapai 470, dengan hanya 50 di antaranya yang berpenghuni.

Wilayah Bangka Belitung terletak di sebelah timur Pulau Sumatera dan berbatasan dengan provinsi Sumatera Selatan. Provinsi ini terkenal dengan keindahan alamnya, termasuk pantai-pantai yang menakjubkan. Selain itu, Bangka Belitung juga Terkenal dengan hal berikut:

1. Provinsi penghasil Timah Terbesar di Dunia

Seperti yang telah kami jelaskan bahwa Bangka Belitung terkenal dengan penghasil timah. Ketika Anda berkunjung ke sana, Anda pasti tahu bahwa provinsi ini merupakan salah satu penghasil timah terbesar di Indonesia. Yang menarik adalah bahwa timah yang dihasilkan dari Bangka Belitung menjadi bahan baku utama pembuatan smartphone.

Faktanya, produsen smartphone ternama dunia seperti Sony, Motorola, BlackBerry, dan LG Electronics mengakui bahwa produk-produk mereka mengandung timah yang ditambang di Pulau Bangka, Indonesia. Sungguh menakjubkan, bukan?

Baca Juga: Selat yang Memisahkan Pulau Belitung dan Bangka

2. Provinsi penghasil Lada Terbesar di Indonesia

Selain dikenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia, Bangka Belitung juga dikenal sebagai salah satu sentra produksi lada terbesar di Tanah Air. Saat menjelajahi pulau ini, Anda akan disambut oleh kebun-kebun lada yang membentang sepanjang perjalanan.

Tidak hanya menjadi bagian integral dari ekonomi lokal, lada dari Bangka Belitung juga memiliki kontribusi signifikan dalam pasar perdagangan global. Lebih dari 80% dari total produksi lada Indonesia berasal dari pulau ini.

3. Dikenal Sebagai Negeri Laskar Pelangi

Bangka Belitung terkenal dengan julukan Negeri Laskar Pelangi. Pulau Belitung dijuluki Negeri Laskar Pelangi karena menjadi lokasi syuting film yang sangat populer pada tahun 2008, yang diadaptasi dari novel terkenal karya Andrea Hirata.

Film ini, yang berhasil mencatatkan rekor sebagai salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan penonton mencapai 4,6 juta orang. Ini telah membawa keindahan dan pesona pulau tersebut ke dalam sorotan publik secara luas.

4. Olahan Terasi yang Go Internasional

Kelezatan si hitam ini baru terasa ketika telah dicampur dengan bahan makanan lainnya. Meskipun sering diabaikan karena aroma kuatnya, bahan dasar udang rebon ternyata memiliki keunikan tersendiri.

Siapa sangka, terasi khas Bangka Belitung ini telah mencapai tingkat kepopuleran yang internasional. Bahkan, wisatawan dari berbagai negara yang berkunjung ke Bangka Belitung kerap membawa pulang terasi sebagai oleh-oleh khas dari daerah tersebut.

5. Memiliki Batu Granit Ratusan Tahun

Ketika berada di Bangka Belitung, Anda akan dengan mudah menemukan beberapa lokasi yang ditandai oleh batuan granit yang menjulang tinggi. Tidak banyak yang menyadari bahwa batuan tersebut telah ada selama 65-200 juta tahun.

Menurut penelitian, batuan granit ini terbentuk dari pembekuan magma yang bersifat asam, ditandai dengan kandungan silika yang tinggi, mencapai lebih dari 65%. Ini menjadikan Bangka Belitung terkenal dengan batuan granitnya yang eksotis di pinggiran pantai.

6. Memiliki Laut dan Pantai yang Indah

Pulau Bangka dan Belitung memang merupakan surga potensi alam yang tak terbantahkan. Diantara ragam kekayaan alamnya, salah satu daya tarik utamanya adalah keindahan pantainya yang memukau. Dari pasir putih yang lembut hingga air laut yang jernih dan biru, setiap sudut pantai di sini memancarkan pesona yang tak terlupakan.

Kecantikan alam yang disajikan oleh pantai-pantai ini telah menempatkan Bangka Belitung dalam peta pariwisata global sebagai destinasi unggulan bagi para pelancong yang menginginkan pengalaman liburan yang memukau dan tak terlupakan.

7. Dikenal dengan Danau Bekas Tambang Timah

Ketika berkunjung ke Pulau Bangka dan Belitung, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang mengagumkan dari ketinggian. Di mana lubang-lubang tak beraturan tersebar di sepanjang pemandangan. Yang menarik, banyak dari lubang-lubang sisa tambang ini telah diubah menjadi destinasi wisata yang menarik oleh masyarakat setempat.

Bekas-bekas galian tambang timah yang dulu kini telah bertransformasi menjadi danau-danau yang mempesona. Dengan airnya yang memantulkan warna-warni yang cantik. Maka dari itu, sambil menikmati keindahan alam. Pengunjung dapat mengapresiasi upaya kreativitas lokal dalam memanfaatkan warisan tambang untuk kepentingan pariwisata.

Baca Juga: Mengenal Kota Belitung dan 8 Julukannya

8. Pernah Menjadi Ibu Kota Republik Indonesia

Pada tahun 1949, Pangkalpinang di Kepulauan Bangka Belitung pernah berperan sebagai ibu kota Republik Indonesia selama tujuh bulan, secara De Facto. Pada waktu itu, Presiden Soekarno dan Menteri Luar Negeri Agus Salim diasingkan di Wisma Ranggam di Muntok, Bangka Barat, dimulai dari 5 Februari 1949, dan kepemimpinan secara De Facto beralih ke Bangka Belitung.

Kini Anda sudah tahu Bangka Belitung terkenal dengan berbagai keunikannya. Jika Anda berencana untuk berlibur ke Bangka Belitung, jangan ragu menggunakan jasa tour and travel kami. Sebagai jasa tour and travel wisata Belitung, kami menyediakan berbagai paket wisata Belitung dengan harga terjangkau dan layanan yang memuaskan.

Dengan pengalaman yang telah teruji dalam industri pariwisata, kami memastikan setiap momen perjalanan Anda menjadi tak terlupakan. Tim kami siap membimbing Anda dengan penuh perhatian dan profesionalisme selama menjelajahi keindahan pulau Belitung. Kami tentunya akan memberikan layanan terbaik yang melampaui ekspektasi Anda.